Minyak Mentah Mahal, Harga Pertamax dan Pertalite Diusulkan Naik

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 04:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 320 2492739 minyak-mentah-mahal-harga-pertamax-dan-pertalite-diusulkan-naik-cbRlBqs790.jpg Harga BBM diusulkan naik (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pertamina diusulkan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax dan Pertalite. Hal ini berkaca pada melonjaknya harga minyak dunia yang mencapai rekor tertinggi sejak 2018.

Usul ini digaungkan Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan, kepada Okezone di Jakarta, Rabu (27/10/2021). "Menurut saya, bisa pertimbangkan untuk dinaikkan Rp1.500 per liter sebagai win-win solusi bagi Pertamina dan Pemerintah," kata mamit.

Menurutnya, kenaikan harga pertamax dan Pertalite sebesar Rp1.500 per liter bisa membantu mengurangi beban disparitas keekonomian sebesar 50% bagi Pertamina. Pasalnya, harga yang ditetapkan saat ini membebankan Pertamina di tengah lonjakan harga minyak dunia.

Meski begitu, Pertamina yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menciptakan sikap yang cukup berbeda. Terlebih, Pertalite merupakan BBM dengan konsumsi terbesar. Jika harganya disesuaikan, akan menimbulkan gejolak di masyarakat. Untuk itu, Mamit mengusulkan, pemerintah dapat menaikkan harga Pertamax terlebih dulu untuk menyesuaikan dengan harga keekonomian mulai awal November.

Baca selengkapnya: Harga Pertamax dan Pertalite Diusulkan Naik Rp1.500, Berlaku Awal November?

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini