Harga Tes PCR Turun Jadi Rp275.000, Klinik Masih Untung?

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Sabtu 30 Oktober 2021 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 30 320 2494063 harga-tes-pcr-turun-jadi-rp275-000-klinik-masih-untung-lcqbMLXiBc.jpg Harga tes PCR di Jawa dan Bali turun jadi Rp275.000 (Foto: Freepik)

JAKARTA — Pemerintah menetapkan harga terbaru tes PCR sebesar Rp275.000 untuk daerah Jawa dan Bali. Sementara, daerah di luar Jawa dan Bali senilai Rp300.000.

Penetapan harga tertinggi PCR tersebut berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo dan hasil evaluasi Kementerian Kesehatan dan pihak terkait.

Baca Juga: Jadi Syarat Naik Pesawat, Masa Berlaku Tes PCR 3 Hari

Sekretaris Jenderal Perkumpulan Organisasi Perusahaan Alat-Alat Kesehatan dan Laboratorium (Gakeslab) Randy Teguh mengatakan, sejumlah pihak masih mendapat keuntungan meskipun harga tes PCR turun.

“Jadi meski harganya sudah murah Rp270 Ribu saat ini, tentu masih ada pihak yang diuntungkan jadi kan tak hanya distributor tapi juga dari pengelola dari klinik atau lab yang menyediakan jasa tersebut,” kata Randy saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Sabtu (30/10/2021).

Baca Juga: Berapa Sih Modal Bangun Klinik PCR?

“Selama ini tarif tes PCR yang dibayar masyarakat bukan hanya mencakup harga dari alat tesnya melainkan termasuk biaya alat pelindungi diri (APD) dari perawat atau petugas laboratorium yang mengambil sampel, biaya swab stick, alat pelindung diri (APD), biaya jasa dokter, dan sebagainya,” ungkapnya.

Di sisi lain, Randy menuturkan harga alat tes PCR sendiri bisa diketahui masyarakat di laman e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP).

"Harga-harga kami itu relatif transparan, karena semua masyarakat dan pemerintah bisa melihat harga reagent, harga PCR itu di katalog LKPP. Di sana semua ada, bisa tahu. Misalnya produknya Bio Farma, atau dari yang lain bisa dilihat juga. Ada yang Rp158 ribu, ada yang Rp300 ribu, dan sebagainya," tambahnya.

Randy mengungkapkan perkiraan untuk membangun dari pada klinik kesehatan Swab Antigen atau tes PCR berkisar di angka Rp1 miliar hingga Rp2 miliar.

“Jadi sebenarnya tes PCR itu kan macam-macam sebenarnya itu tergantung model kaya gimana, kaya kita mau ke surabaya kan ada yang pilih naik kereta atau pesawat. Kalau pun dengan harga murahnya PCR penyedia layanan PCR jamgan sampai menurunkan kualitas keamanan dan berikan yang terbaik,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini