Share

Ini Keuntungan Kembangkan Industri Game Lokal

Ahmad Hudayanto, Okezone · Rabu 03 November 2021 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 03 320 2496070 ini-keuntungan-kembangkan-industri-game-lokal-fH9zf0aSoV.jpg Potensi Game Lokal Rambah Pasar Luar Negeri. (Foto: Okezone.com/gadgethacks)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memfasilitasi pengembangan game lokal. Pasalnya potensinya yang besar, game lolal secara teknis lebih mudah untuk diekspor, jauh lebih sederhana daripada ekspor produk migas dan non migas.

Hal ini karena didorong dua hal, pertama game adalah sebuah produk yang digital dan kedua banyak fasilitas digital pula yang bisa mengembangkan perdagangan game local ke seluruh dunia.

Baca Juga: Pasar Industri Game Capai Rp24 Triliun, Menko Luhut: 97% Kita Impor

“Jadi secara teknis memang sangat lebih mudah. Kita tidak perlu raung besar dan berbagai fasilitas untuk Gudang, tidak melalui berbagai macam pemeriksaan custom dan sebagainya. Selain itu sudah banyak platform dan aplikasi yang mendukung perdagangan game khususnya dan produk digital pada umumnya. Ada yang bergerak di bidang pembayaran, ada yang bergerak di bidang marketing dan sebagainya,” kata Wamendag Jerry Sambuaga, Rabu (3/11/2021).

Karena relative sederhana dan mudah, maka perdagangan game local juga lebih murah dan lebih efisien dalam distribusinya. Biaya-biaya yang dikeluarkan murni dari biaya distribusi itu sendiri. Ini berbeda dengan distribusi barang yang sering menanggung beban biaya tak terduga. Biaya tak terduga ini juga termasuk biaya penyusutan nilai barang karena busuk, rusak di jalan dan segala macam. Ini tidak sepenuhnya terjadi di industri game.

Baca Juga: Game Online Diusulkan Masuk TKDN, Ini Respons Menko Luhut

Mengenai potensi, Wamendag mengapresiasi kreatifitas dan tekad anak muda Indonesia untuk menggarap sektor yang relative baru ini. Salah satu yang diberikan apresiasi adalah anak-anak muda yang memproduksi game Lokapala. Lokapala punya keunikan karena memasukkan ciri khas Indonesia baik dari segi latar cerita maupun karakter-karakternya.

Baca Juga: Hindari Masalah Kesehatan yang Mungkin Timbul Setelah Penerbangan Jarak Jauh

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Ke depan jerry berharap game-game macam Lokapala punya tempat sendiri di tengah game-game asing macam Mobile Legend, PUBG dan sebagainya.

Karena itu, Wamendag berharap terus meningkatkan koordinasi dan kolaborasi untuk memfasilitasi pengembangan game local.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini