Share

Kepala Daerah Diminta Ciptakan Terobosan bagi UMKM

Michelle Natalia, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 21:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 320 2497470 kepala-daerah-diminta-ciptakan-terobosan-bagi-umkm-xl2Sv0QM8j.jpg Menkop UKM Teten Bersama Hary Tanoesoedibjo dan Menag (Foto: Michelle Natalia)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi kinerja Kepala Daerah Inovatif yang terus menciptakan terobosan kebijakan pemberdayaan koperasi dan UMKM di tengah pandemi Covid-19 dan persaingan global.

"Jadi dalam situasi seperti saat ini, pemimpin daerah dituntut memberikan inovasi yang dapat berdampak terhadap masyarakat dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan daerah masing-masing," ujar Teten dalam Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif 2021 di iNews Tower Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Menurutnya praktik di banyak negara lain dalam situasi pandemi ini, di mana yang harus dilakukan pemerintah daerah (pemda) adalah seperti mengoptimalkan bantuan pemerintah, mendorong penyediaan situs usaha terintegrasi, dan memberikan kesempatan bagi UMKM untuk bermitra dengan pemda.

Baca Juga: BLT UMKM Tahap 2 Cair November, 2,9 Juta Pelaku Usaha Dapat Rp1,2 Juta

UU Cipta Kerja, sambung dia, telah mengamanatkan bahwa pemerintah pusat bersama-sama dengan pemda memberikan kemudahan dan perlindungan bagi pelaku UMKM dan koperasi.

"Beberapa program pemberdayaan UMKM dan koperasi yang membutuhkan peran aktif pemda sudah diamanatkan dan diatur dalam PP nomor 7 tahun 2021, yaitu basis data tunggal, korporatisasi petani dan nelayan dalam bentuk koperasi, alokasi 40% belanja kementerian/lembaga untuk UMKM dengan Rp447 triliun nilainya untuk tahun ini, dan sejauh ini sudah terserap Rp124,31 triliun," jelas Teten.

Hal ini juga termasuk penyediaan sedikitnya 30% tempat usaha bagi UMKM di infrastruktur publik, pengelolaan terpadu, dan kemitraan usaha UMKM dengan usaha besar dan menengah.

"Beberapa contoh kebijakan daerah inovatif terkait pemberdayaan koperasi dan UMKM dalam negeri di antaranya inovasi bidang promosi, laman khusus UMKM di platform marketplace nasional dan virtual expo, perluasan pasar ekspor dan komoditas, dengan komoditi potensial ekspor di sektor riil, pertanian, perikanan, dan perkebunan," tambahnya.

Baca Juga: Tak Ingin Kasus UMKM Frozen Food Terulang, Izin dan Sertifikasi Produk Dipercepat

Tak lupa yang diperlukan adalah inovasi dan terobosan dalam transformasi digital, pemerintah terutama pemda akan terus mendorong percepatan digitalisasi UMKM.

"Karena selama pandemi yang bisa bertahan, bahkan tumbuh adalah UMKM yang terhubung ke ekosistem digital," pungkas Teten.

Sebagaimana diketahui, MNC Portal Indonesia menggelar Malam Puncak Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif 2021 sebagai apresiasi atas berbagai inovasi para kepala daerah yang mampu membangkitkan perekonomian masyarakatnya, memajukan pendidikan, kesehatan dan meningkatkan layanan publik.

Kebijakan pembangunan yang mereka lakukan dinilai telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap masyarakat. Terlebih di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Ajang Kepala Daerah Inovatif 2021 ini merupakan ajang ke-8 sejak 2014 dan telah menganugerahi sekitar 120 pemimpin daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini