Share

Heboh Uang Pecahan Rp1 Juta Beredar, Ini Penjelasan BI

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Senin 08 November 2021 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 320 2498590 heboh-uang-pecahan-rp1-juta-beredar-ini-penjelasan-bi-JUMCJzbv9p.png Viral uang pecahan 1 juta di TikTok (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Bank Indonesia menanggapi video viral uang pecahan 1.0 alias Rp1 juta. Dalam video tersebut menampilkan selembar kertas dengan nominal 1.0 dan terdapat tulisan Perum Peruri specimen.

Belum lama ini video TikTok yang memperlihatkan seorang pengguna memamerkan uang pecahan baru bernilai Rp1 juta, viral di media sosial. Pemilik akun TikTok @wandyskay membagikan cerita ia memiliki uang pecahan baru dari Bank Indonesia.

Baca Juga: Viral! Penampakan Uang Pecahan 1.0 Nilainya Rp1 Juta, Beneran Enggak Nih?

Kepala Dapartemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono mengatakan, gambar uang tersebut merupakan uang dalam rangka uji cetak Perum Peruri dan hanya untuk internal Peruri. Uang spesimen peruri bukan alat pembayaran yang sah.

Baca Juga: Hari Oeang 30 Oktober, Sejarah Lahirnya Rupiah

"Dengan demikian uang dalam video tersebut bukan merupakan uang Rupiah dan bukan merupakan alat pembayaran yang sah," kata Erwin saat dihubungi Okezone, 10 Mei 2021.

Erwin Haryono juga menegaskan bahwa BI merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah yang sah di seluruh Indonesia.

"Bank Indonesia tidak pernah mengeluarkan/menerbitkan dan mengedarkan uang spesimen Perum Peruri sebagaimana video yang viral tersebut," ujar Erwin.

Meskipun dikeluarkan oleh Bank Indonesia, namun uang pecahan Rp1 juta tersebut berstatus house note atau uang specimen atau uang contoh.

House note adalah uang yang tidak dapat menjadi alat pembayaran yang sah karena tidak memiliki ciri-ciri sesuai Undang-undang (UU) Mata Uang Nomor 7 Tahun 2011. (kmj)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini