Share

Pergantian Kartu Magnetic ke Chip Berjalan Mulus, MNC Bank (BABP) Optimistis Akhir November Capai 100%

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Selasa 09 November 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 09 278 2499023 pergantian-kartu-magnetic-ke-chip-berjalan-mulus-mnc-bank-babp-optimistis-akhir-november-capai-100-K6mqU9mybX.jpg MNC Bank (Foto: Okezone.com/MNC Bank)

JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank sebagai unit usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group terus mengingatkan nasabah pemegang kartu debit (ATM) magnetic stripes untuk segera mengganti kartunya dengan kartu berbasis chip.

Para nasabah diimbau untuk mengganti kartu ATM bank menjadi berbasis chip sebelum tenggat waktu agar menghindari pemblokiran.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bank Indonesia Nomor 17/52/DSKP mengenai Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit. MNC Bank sendiri menargetkan di akhir November 2021, semua kartu ATM MNC Bank sudah berbasis chip.

Baca Juga: Publik Antusias, "Tabungan Dahsyat" Pacu Dana Murah MNC Bank (BABP) Meroket Lebih dari 100% ke Rp2,84 Triliun

“Hingga saat ini 94% kartu ATM MNC Bank sudah berbasis chip, kami mengingatkan kepada para nasabah untuk mengganti kartu lamanya dengan kartu baru berbasis chip secepatnya,” tutur Presiden Direktur MNC Bank, Mahdan, Selasa (9/11/2021).

Menurut Bank Indonesia, kartu ATM berbasis chip lebih aman dari risiko kejahatan seperti skimming.

Skimming adalah sebuah aktivitas kriminal di mana pelaku dapat menduplikasikan data kartu debit maupun kartu kredit. Alhasil, pelaku bisa mencuri uang nasabah.

Kejahatan seperti ini sudah sering terjadi sehingga dengan menggunakan kartu ATM berbasis chip akan mencegah hal tersebut. Apa saja perbedaan antara kartu ATM magnetic stripes dan kartu berbasis chip:

1. Lokasi Data

Kartu berbasis magnetic stripes menyimpan informasi tanggal kedaluwarsa (expiry date), nama, dan data-data lainnya pada pita hitam yang berada di balik kartu. Mesin ATM atau EDC tidak bisa memastikan kartu magnetic stripes asli atau hasil penggandaan.

Baca Juga: Hujan Diskon! Yuk Pakai Kartu Kredit MNC Bank (BABP) di Harbolnas 11.11

Sedangkan dengan kartu chip, data yang tertanam di dalam kartu dilindungi dengan personal identification number (PIN).

2. Keamanan

Data dalam kartu magnetic stripes gampang diduplikasi, sedangkan dengan kartu chip risiko ini dapat diminimalisir. Setiap transaksi dengan chip akan menghasilkan kriptogram atau rangkaian angka yang berbeda-beda. Hal ini membuat transaksi menjadi lebih aman karena data sulit digandakan.

3. Verifikasi

Mesin ATM atau EDC tidak dapat memastikan keaslian kartu yang dipakai saat transaksi menggunakan magnetic stripes, sedangkan kartu yang berbasis chip memilki metode yang lebih aman.

Untuk informasi lebih lanjut tentang #MNCBank dan penggantian #KartuDebitMNC kunjungi mncbank.co.id, hubungi MNC Bank Call Center 1500188 dan follow IG @officialmncbank

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini