Share

Hasil Audit BPK, Menhub Tingkatkan Kualitas SDM Transportasi

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 320 2500581 hasil-audit-bpk-menhub-tingkatkan-kualitas-sdm-transportasi-4GOh8wr9KX.jpg Menhub Budi Karya tindak lanjuti hasil audit BPK (Foto: Okezone)

JAKARTA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal menindaklanjuti hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait pembangunan transportasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Dia mengaku siap menindaklanjuti rekomendasi oleh BPK terkait Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI Atas Pengelolaan Pendapatan dan Belanja Pada Badan Layanan Umum (BLU).

Baca Juga: Kelebihan Pembayaran Insentif Nakes, Ada yang Dapat Rp50 Juta

“Bapak Presiden Joko Widodo ingin Indonesia memiliki SDM yang baik. Untuk itu kami akan segera menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK RI terhadap BLU di BPSDM Perhubungan, agar pengelolaan keuangan negara semakin baik dan kita dapat membantu Presiden untuk membuat SDM Transportasi di Indonesia tambah hebat dan maju,” kata Menhub Budi Karya, Jumat (12/11/2021).

Pada kesempatannya, Menhub menerima langsung laporan hasil pemeriksaan, yang diserahkan oleh Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I BPK RI Hendra Susanto.

Baca Juga: Tindaklanjuti Temuan BPK, BNPB Padupadankan Data Stimulan Pasca-Bencana di NTB

“Jangan reluctant atau menolak. BPK adalah partner kita untuk menuju tata kelola pemerintahan yang lebih baik (good governance). Justru dengan adanya pemeriksaan yang dilakukan, sangat bermanfaat bagi kita untuk mengetahui jika ada hal-hal terkait tata kelola keuangan negara yang tidak sesuai, agar dapat segera ditindaklanjuti,” tutur Menhub.

Menhub meminta jajarannya untuk kooperatif membantu BPK RI dalam melakukan setiap proses pemeriksaan laporan keuangan negara yang dilakukan di Kemenhub.

“Untuk menindaklanjuti rekomendasi dari BPK RI, kami menginstruksikan kepada jajaran kami untuk segera melengkapi dan menyampaikan permintaan dokumen pemeriksaan, menjalankan administrasi dan menerapkan digitalisasi seluruh dokumen terkait pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan secara tertib,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Kemenhub akan bersikap kooperatif dan terbuka kepada para pemeriksa dari hasil temuan secara komprehensif dan berjenjang sesuai dengan kewenangan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran BPK RI yang selama ini telah mendampingi kami dalam menjaga pengelolaan keuangan negara yang baik. Sehingga kami dapat terus meningkatkan diri dan mencegah terjadinya kesalahan-kesalahan dalam pengelolaan keuangan negara.” pungkas Menhub.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini