Share

Lakukan 5 Hal Ini saat Merasa Gaji Tak Cukup

Zikra Mulia Irawati, Okezone · Sabtu 13 November 2021 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 13 622 2501162 lakukan-5-hal-ini-saat-merasa-gaji-tak-cukup-lhegoOqihs.jpeg Cara mengelola gaji tiap bulan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Seseorang bekerja untuk mendapatkan gaji agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, terkadang biaya kebutuhan hidup meningkat lebih cepat daripada kenaikan gaji. Hal ini akan menimbulkan perasaan tidak cukup atas gaji yang sudah dimiliki.

โ€œKetika Rekanaker sudah memiliki pekerjaan namun gajinya masih terasa kurang, pasti Rekanaker merasa hal tersebut tidak adil. Sebab dengan kebutuhan yang begitu banyak sehingga tidak setimpal dengan jumlah gaji yang didapat,โ€ tulis Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) di Instagram, dikutip Sabtu (13/11/2021).

Baca Juga: Waspada! Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Kelola Keuangan

Namun, ada setidaknya ada 5 upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Meningkatkan Kinerja

Meningkatkan kinerja bisa membuat seseorang mengalami kenaikan pangkat di tempat kerja. Dengan begitu, gaji pun akan turut mengalami kenaikan dan sumber biaya hidup bertambah.

Baca Juga: Catat! 10 Kesalahan Kelola Keuangan di Usia 20 Tahun

2. Cari Pekerjaan Sampingan

Jika ada waktu luang setelah melakukan pekerjaan utama, cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan yang tidak terlalu menyita waktu. Manfaatkan keahlian lain atau hobi untuk menjadi sumber cuan baru.

3. Belajar Mengelola Uang

Terkadang bukan besar gaji yang tidak cukup, tetapi cara mengelola uang seseorang yang belum tepat. Dengan akses informasi yang kian mudah, belajar lebih banyak mengenai cara pengelolaan uang dapat menjadi solusi gaji yang terasa kurang.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

4. Mengatur Pengeluaran Sehari-hari

Salah satu aspek dalam pengelolaan uang adalah mengelola pengeluaran. Pisahkan pengeluaran dengan pos kebutuhan dan keinginan. Dengan begitu, pengeluaran yang tidak terlalu mendesak bisa ditekan.

5. Mempelajari Skill Baru

Mempelajari skill atau keahlian baru adalah bentuk investasi untuk diri sendiri. Jika sudah cukup menguasainya, keahlian tersebut dapat dijadikan sumber penghasilan baru.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini