Burburu Pajak, Sri Mulyani Minta Anak Buahnya Jangan Korupsi!

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 320 2504312 burburu-pajak-sri-mulyani-minta-anak-buahnya-jangan-korupsi-gvmSaLWyxW.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meminta para pegawai di lingkungan Direktorat Jendral Pajak (DJP) tidak melakukan tindakan korupsi.

Menurutnya pajak memiliki dimensi yang kompleks, harus mengumpulkan penerimaan tapi juga harus peka dan sensitif serta responsif terhadap kebutuhan ekonomi.

"Di sisi lain kita juga minta pajak tata kelolanya makin baik, tidak boleh ada korupsi, harus ada proses dan prosedur yang mudah, simpel dan singkat karena wajib pajak disuruh membayar pajak pasti juga tidak ingin dibebani dengan proses yang rumit," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (19/11/2021).

Baca Juga: Baju Impor Kena Tambahan Bea Masuk, Pengusaha Protes ke Sri Mulyani

Lanjutnya, berbagai negara saat ini tengah berburu pajak dari para wajib pajak. Untuk memaksimalkan pendapatan, antar negara pun saling bekerja sama untuk menagihkan pajak kepada warganya.

Baca Juga: Karyawan Dapat Fasilitas Kantor Kena Pajak, Sri Mulyani: Itu Salah Bukan Maksudnya

"Semua negara sedang berburu pajak karena terkena dampak Covid-19. Jadi banyak kerja sama untuk menghilangkan tax avoidance,"katanya.

Dia menambahkan masing negara di dunia tengah berupaya untuk menyehatkan kembali keuangan negara dari dampak Covid-19. Untuk itu mereka saling bekerja sama menagihkan pajak dari aset warga yang disimpan di luar negeri. Cara ini dinilai paling efektif untuk meningkatkan pendapatan negara dari perpajakan.

"Kita bisa minta negara lain untuk menagihkan pajak kalau kita tahu ini wajib pajak kita. Atau kita bisa dimintai negara lain untuk menagihkan pajak kalau ada aset wajib pajak mereka di negara kita," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini