Share

Mengintip Sirkuit Mandalika Rp1,2 Triliun yang Bikin Warga Antusias Nonton Balapan dari Bukit

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 320 2504331 mengintip-sirkuit-mandalika-rp1-2-triliun-yang-bikin-warga-antusias-nonton-balapan-dari-bukit-LxesLBoTPb.jpg Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika (Foto: Dokumentasi BUMN)

JAKARTA - Biaya untuk membangun Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mencapai sekira Rp1,2 triliun.

Kini Sirkuit Mandalika dipakai dalam ajangWorld Superbike (WSBK) Mandalika 2021 yang dimulai Jumat (19/11/2021) dan berakhir pada Minggu (21/11/2021)

Sirkuit yang memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit mengundang antusias warga sekitar.

Baca Juga: Warga Antusias Nonton di Sirkuit Mandalika dari Bukit, Netizen: Jiwa Marketingku Bergejolak

Meski tidak bisa menonton secara langsung, namun warga ini rela naik ke atas bukit untuk menonton dari jauh balapan motor tersebut.

Seperti video yang diunggah oleh akun ies_nrdlombok. Di dalam video tersebut terlihat banyak warga sekitar yang berkumpul di luar area Sirkuit Mandalika untuk melihat arena balap motor tersebut.

“Jiwa marketingku bergejolak melihat pemandangan seperti ini,” tulis pemilik video TikTok tersebut, Jumat (19/11/2021).

 Sirkuit Mandalika

Postingan tersebut telah mengundang 2,9 juta penonton dan disukai lebih dari 121 ribu pengguna. Dengan video itu juga menuai banyak komentar.

Sirkuit Mandalika terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sirkuit ini memiliki panjang 4,31 km dengan total 17 tikungan. Akan tetapi, panjang tersebut sudah dikurangi dari rencana awal, yaitu 4,32 km dengan 19 tikungan.

Aspal sirkuit ini pun merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Sirkuit Mandalika memakai aspal teknologi terbaru, yaitu Stone Mastic Asphalt yang memiliki daya tahan yang kuat.

Selain itu, Sirkuit Mandalika juga bisa menampung hingga total 195.700 orang. Akan tetapi, tempat duduk yang disediakan hanya mampu menampung 50.000 orang. Sirkuit Mandalika juga dikatakan mampu menampung sebanyak 40 garasi yang bisa dipakai oleh setiap tim balap. Tak heran jika sirkuit tersebut memiliki taraf internasional.

Fasilitas mumpuni di Sirkuit Mandalika bukan menjadi satu-satunya hal yang menarik perhatian dunia. Faktanya, sirkuit tersebut juga dihiasi dengan pemandangan laut biru yang indah dan mampu memanjakan mata.

Hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton yang ingin menyaksikan ajang balap sekaligus menikmati keindahan alam di Lombok.

 Sirkuit Mandalika

Sekadar informasi, Advisor Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dandossi Matram mengatakan, biaya pembangunan didapatkan dari investasi yang digulirkan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Di mana untuk pembangunan track linenya saja diinvestasikan kurang lebih sebesar Rp900 miliar, belum termasuk race control dan pit building.

"Untuk pembangunan sirkuitnya saja atau track linenya, diinvestasikan ITDC kurang lebih Rp900 miliar. Dan ini belum termasuk race control dan pit building, mungkin ada tambahan sekitar Rp200 miliar-Rp300 miliar lagi untuk membiayai fasilitas pendukung," urai Dandossi dalam Market Review di IDX Channel, Kamis (14/10/2021).

Kembali ia menegaskan, sumber dana yang dikucurkan untuk proyek ini tidak hanya dari ITDC saja melainkan ada juga pinjaman dan sebagian dari Penyertaan Modal Mandiri (PNM) untuk pengembangan pariwisata.

"Sumber pendanaan kita banyak dari ITDC dan juga ada dari PNM untuk pengembangan pariwisata kemudian bisa dipakai juga untuk meringankan beban biaya pembangunan sirkuit itu sendiri," jelas Dandossi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini