Curhat Pengguna Toilet SPBU Pertamina, Bayar Rp2.000 Kadang Dipaksa

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 320 2506219 curhat-pengguna-toilet-spbu-pertamina-bayar-rp2-000-kadang-dipaksa-RNH0TvuTtp.jpg Toilet di SPBU Pertamina Digratiskan (Foto: MPI)

JAKARTA - Seluruh toilet di SPBU Pertamina kini gratis. Hal ini setelah Menteri BUMN Erick Thohir menegur direksi Pertamina agar seluruh fasilitas toilet di SPBU digratiskan.

Meski sudah digratiskan, para pengguna toilet di SPBU Pertamina curhat pernah 'dipaksa' untuk membayar Rp2.000 hingga Rp4.000 usai memakai fasilitas umum tersebut.

Baca Juga: Toilet SPBU Pertamina Gratis, Penjaganya Tiba-Tiba Menghilang

Seorang warga sekitar SPBU di Kawasan Kwitang Jakarta Pusat, Dyah Sulastri mengatakan sejumlah toilet SPBU kerap memberikan tarif kepada pengguna toilet.

“Ya kadang rata-rata sekarang kencing aja bayar Rp2.000 atau sampai Rp4.000 tergantung tempatnya juga sih, tapi kalau di sini (SPBU Kwitang) sempat gratis tapi sempat juga bayar. Kadang ada yang jaga ya maksa padahal ke wc doang,” curhat Dyah kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (23/11/2021).

 

Dyah menambahkan, tidak hanya di SPBU Kwitang, ada beberapa toilet SPBU yang pernah didatanginya dan harus membayar sejumlah uang alias tidak gratis.

“Kadang ya beberapa waktu itu maksa juga. Masuknya sih iya gratis tapi kan keluarnya ada yang jaga, kita enggak enak kalau engak mau bayar. Kadang ya yang jaga bapak-bapak pakai bajunya sih iya seragam Pertamina atau SPBU, padahal saya kan warga sekitar sini tapi ya tetap kadang harus bayar,” katanya.

Meski demikian, sebagai pengunjung dia tak keberatan untuk membayar sejumlah uang untuk membantu operasional fasilitas umum tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini