Jokowi ke Eropa: Kalau Mau Nikel, Bawa Pabriknya ke Sini!

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 320 2506905 jokowi-ke-eropa-kalau-mau-nikel-bawa-pabriknya-ke-sini-rbR8wqTIvh.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia tengah digugat World Trade Organization (WTO) alias Organisasi Perdagangan Dunia. Meski begitu, dia mengungkap bahwa Indonesia tetap ingin melakukan hilirisasi bahan-bahan mentah di dalam negeri.

Sebelumnya, Jokowi diketahui menyatakan bahwa dirinya tak mengizinkan lagi Indonesia untuk mengekspor bahan mentah. Pasalnya, dia menyebut Indonesia bisa menjualnya dalam bentuk setengah jadi ataupun barang jadi agar terdapat nilai tambahan.

Dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) yang digelar secara virtual di Jakarta, Rabu (24/11/2021), Jokowi mempersilahkan negara lain yang menginginkan bahan mentah seperti nikel. Namun, Jokowi meminta mereka untuk datang dengan pabrik, industri, dan teknologinya ke tanah air.

Hal ini terus ditegaskannya karena keinginan kuat Jokowi untuk membuka lapangan pekerjaan lebih banyak di Indonesia. "Goal-nya ada di situ," tukasnya.

Baca Selengkapnya: Uni Eropa Gugat ke WTO, Jokowi: Mau Nikel? Bawa Pabrik ke Indonesia!

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini