Share

Bangun Infrastruktur Digital, Sri Mulyani Minta Bantuan Swasta

Michelle Natalia, Jurnalis · Kamis 02 Desember 2021 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 320 2510767 bangun-infrastruktur-digital-sri-mulyani-minta-bantuan-swasta-fxLsHUOhab.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut bahwa apabila berbicara soal UMKM, maka peran teknologi digital sangatlah penting. Di mana pandemi Covid-19 telah mentransformasi aktivitas ekonomi pada kegiatan yang sangat bergantung pada infrastruktur digital.

"Jadi pemilik-pemilik bisnis bisa menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan produk mereka, juga akses permodalan, serta untuk menembus pasar," ujar Sri dalam Google For Indonesia secara virtual pada Kamis (2/12/2021).

Menurutnya transformasi digital adalah kunci bagi para pelaku usaha, terutama UMKM. Hal ini supaya mereka memiliki potensi untuk tumbuh, baik dalam masa pandemi, dan terakselerasi selama pemulihan.

"Tentu di dalam hal ini, pemerintah perlu berkolaborasi dengan dunia swasta. Pemerintah telah menginvestasikan untuk infrastruktur ICT di dalam rangka mendorong komunikasi dan memperluas konektivitas hingga pelosok tanah air," ungkap Sri.

Baca Juga: Alasan Sri Mulyani Potong Anggaran MPR demi Bansos Rakyat Miskin, Yakin Mau Dipecat?

Dia menjelaskan bahwa anggaran untuk membangun infrastruktur digital pun juga telah ditingkatkan. Namun, menurut Sri, hal ini tidak akan memadai apabila peran swasta tidak diikutkan.

"Saya menyambut gembira bahwa Google sebagai salah satu swasta global juga turut serta membangun dalam rangka membangun ekonomi digital Indonesia, dan terutama mendedikasikan kepada pembangunan dan pemberdayaan UMKM," tambahnya.

Dengan kerja sama antara pemerintah yang telah memberikan perhatian luar biasa bagi UMKM melalui program-program pemberdayaannya, dan juga swasta, termasuk dengan menggunakan teknologi digital, Sri berharap agar ekonomi Indonesia, khususnya UMKM, dapat pulih dan bangkit kembali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini