Share

Patut Dicoba, Rekomendasi Investasi dengan Modal Kecil

Karina Asta Widara , Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 11 2511419 patut-dicoba-rekomendasi-investasi-dengan-modal-kecil-p4ovIaotXi.jpg Foto: Dok LPS

jakarta-Tren investasi makin menguat seiring kesadaran finansial masyarakat di Indonesia. Investasi dengan modal kecil kini semakin banyak pilihannya. Anda sebagai investor pemula pun tidak perlu bingung mencarinya.

Berbagai investasi untuk pemula kini mudah ditemukan melalui gawai Anda, lho. Walaupun dimulai dari modal minim, beberapa pilihan instrumen investasi bisa mendatangkan cuan yang menjanjikan.

Nah, jika Anda salah satu karyawan yang rutin menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi, berikut beberapa pilihan jenis investasi dengan modal kecil yang patut dicoba:

1. Deposito

Pilihan investasi yang paling umum dikenal adalah deposito. Untuk pilihan investasi ini Anda tidak membutuhkan skill apapun untuk memulainya. Caranya, cukup sediakan modal untuk disimpan di bank dengan pilihan periode waktu tertentu. Deposito biasanya bisa disimpan dalam waktu satu bulan hingga dua tahun.

Bank kemudian akan memberikan imbal hasil dengan persentase tertentu sesuai jumlah uang yang disimpan, biasanya sekitar 5%. Jenis investasi ini cocok untuk pemula karena relatif mudah dan cepat.

2. Reksadana

Reksadana merupakan model investasi yang pengelolaannya dipegang oleh manajer investasi. Investor cukup menaruh sejumlah uang sesuai kemampuan, kemudian manajer investasi akan mendistribusikan uangnya.

Reksadana dipandang sebagai investasi yang lebih menguntungkan lantaran suku bunganya yang lebih tinggi dibanding model investasi lainnya. Investor juga tak memiliki patokan jumlah uang yang harus diinvestasikan.

3. Obligasi

Obligasi merupakan investasi berupa membeli surat-surat berharga dalam jangka waktu tertentu. Biasanya lebih dari satu tahun, dari pihak-pihak yang membutuhkan modal. Tawaran obligasi bisa datang dari perusahaan negara maupun swasta.

Setelah jangka waktu investasi berakhir, surat-surat berharga akan ditarik kembali oleh pemberi investasi dan uang akan kembali. Imbal hasil dalam persentase tertentu akan diberikan per bulan selama waktu kontrak investasi.

4. Emas

Emas merupakan instrumen investasi yang relatif stabil. Emas yang disimpan sebagai alat investasi berbentuk emas murni batangan. Ketika dijual harga emas akan naik mengikuti kursnya.

Berinvestasi emas pun kini terhitung mudah. Investor tak perlu menyimpan emas secara pribadi. Pasalnya kini jasa keuangan seperti pegadaian dan e-commerce juga menyediakan layanan tabungan emas.

5. Saham

Meski cukup berisiko, investasi saham bisa mendatangkan imbal hasil yang besar. Kendati begitu, investor perlu mempelajari seluk-beluk saham dan tren pasar atas saham yang ingin dibelinya.

Itulah beberapa rekomendasi investasi dengan modal kecil yang patut Anda coba. Dengan modal kecil ini membuat Anda tidak punya beban apapun sebagai seorang pemula yang baru terjun di dunia investasi. Anda pun akan lebih fokus belajar berinvestasi dibandingkan harus menunggu uangnya besar dulu.

Di samping tips menabung efektif di atas, sebagai informasi, LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), sebagai bagian dari otoritas regulator di industri perbankan, hadir untuk memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap industri perbankan nasional melalui program penjaminan simpanan.

 

Foto. Instagram @lps_idic

Jadi, Anda yang menyimpan uang di bank, LPS akan menjamin simpanan nasabah bank. LPS menjamin simpanan nasabah bank yang berbentuk tabungan, deposito, giro, sertifikat deposito, dan bentuk lain yang dipersamakan dengan itu. Agar simpanan dijamin, dihimbau kepada para nasabah bank untuk memenuhi syarat-syarat penjaminan LPS. Syaratnya ialah 3T.

Pertama, tercatat pada pembukuan bank. Kedua, tingkat bunga simpanan tidak melebihi bunga penjaminan LPS. Ketiga, tidak menyebabkan bank menjadi bank gagal (misalnya memiliki kredit macet). Untuk memastikan simpanan Anda sudah aman bisa cek di link berikut ini simulasi-kalkulator-3t-lps.

Karena itulah, Anda tak perlu cemas, LPS akan menjamin uang nasabah di bank dijamin aman. Nah, bagi Anda yang menyimpan uang di bank tidak perlu lagi khawatir, ya. Sebab, LPS menjamin simpanan nasabah penyimpan dan ikut serta dalam memelihara stabilitas sistem perbankan. Ingat nabung, Ingat LPS!

(CM)

(Wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini