Hindari Area Rawan Korupsi, Tjahjo: PNS Harus Saling Mengingatkan

Dita Angga R, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 320 2513497 hindari-area-rawan-korupsi-tjahjo-pns-harus-saling-mengingatkan-Rw7fddAkFk.jpg PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo meminta pegawai negeri sipil (PNS), atau ASN saling mengingatkan untuk menghindari area rawan korupsi.Di mana kasus korupsi menjadi salah satu tantangan ASN saat ini.

“Saya kira area rawan korupsi kita harus mulai saling mengingatkan diantara ASN khususnya,” katanya dalam acara Peluncuran Strategi Nasional Pendidikan Antikorupsi, Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Geleng-Geleng Kepala, Honor PNS Daerah Tembus Rp25 Juta!

Menurutnya beberapa area korupsi yang harus diwaspadai antara lain perencanaan anggaran, dana hibah dan dana bansos. Kemudian pajak dan retribusi.

“Yang keempat pengadaan barang dan jasa. Kelima berkaitan dengan perizinan. Kemudian berkaitan dengan tata kelola dana desa, manajemen aset dan jual beli jabatan,” tuturnya.

Baca Juga: Terungkap! Jumlah PNS Turun dari Tahun ke Tahun, Ini Penyebabnya

Tjahjo pun menekankan pentingnya nilai integritas ASN. Menurutnya integritas ASN merupakan kunci pemberantasan korupsi.

“Di mana aparatur pemerintah yang memiliki nilai integritas akan selalu menghindarkan diri dari upaya penyalahgunaan kekuasaan atau kewenangan yang mengarahkan pada terjadinya tindak pidana korupsi. Saya kira inilah yang harus kita bangun berkaitan dengan nilai-nilai integritas yang merupakan kata kunci daripada pemberantasan korupsi,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini