Kisah Sukses Nurhayati Subakat, Pendiri Wardah yang Pernah Digaji Rp20.000/Bulan

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 455 2513418 kisah-sukses-nurhayati-subakat-pendiri-wardah-yang-pernah-digaji-rp20-000-bulan-jgmujJxMFC.jpg Nurhayati Subakat (Foto: Okezone)

JAKARTAKisah sukses Nurhayati Subakat. Dia adalah Founder dan Komisaris Utama dari PT Paragon Technology and Innovation. Perusahaan yang mengeluarkan kosmetik halal, Wardah.

Dikutip dari berbagai sumber, Selasa (7/12/2021), untuk mencapai kesuksesan saat ini, Nurhayati melalui jalan yang tidak mudah. Di mana, ia mengaku sangat sulit mencari pekerjaan dengan upah yang layak. Bahkan lulusan farmasi ITB itu pun mengaku pernah menjadi apoteker honorer dengan gaji hanya sebesar Rp20 ribu per bulannya.

Tidak puas dengan pekerjaannya saat itu, Nurhayati hijrah ke Jakarta dan bekerja di sebuah perusahaan kosmetik terkenal. Kariernya terbilang cemerlang di perusahaan tersebut. Nurhayati pun diminta untuk bekerja full time. 

Baca Juga: Sumber Kekayaan Eddy Kusnadi, Pria Pemilik Harta Rp38,8 Triliun

Namun, kondisi tersebut membuatnya dilema. Pasalnya, dia adalah seorang ibu yang mempunyai tiga orang anak dan bertempat tinggal di Jakarta. Akhirnya, Nurhayati pun memilih resign dari tempatnya bekerja yang berlokasi di wilayah Bogor.

Setelah resign, Nurhayati memulai usahanya dari rumah dengan dibantu oleh asisten rumah tangga. Dia membuat produk kosmetik yang diberi nama Putri. Berkat kegigihannya, produk Putri mendapat respons baik dari pelanggan.

Baca Juga: Miliarder Berharta Rp64,8 Triliun Beli 1 Kota Berpenghuni 21 Orang, untuk Apa?

Lima tahun bisnisnya berjalan, dia mendapat musibah. Adapun pabrik kosmetik miliknya hangus terbakar. Walau sempat terpikir untuk menutup perusahaan, perempuan 71 tahun itu mencoba bangkit kembali.

Pada 1995, perempuan yang pernah masuk dalam 100 tokoh wanita paling berpengaruh dalam sejarah Indonesia ini membuat produk kosmetik yang menyasar pasar muslimah. Dengan demikian, lahirlah Wardah.

Nurhayati Subakat masuk dalam daftar 25 pebisnis yang memiliki dampak besar di dunia bisnis Asia versi Majalah Forbes. Hingga kini, perusahaannya telah memiliki 10 ribu karyawan.

Selain itu, dia juga merupakan orang yang peduli terhadap pendidikan. Tidak terhitung banyak masyarakat yang diberi beasiswa selama puluhan tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini