Share

Beda Leader dan Manajer, Kamu Termasuk yang Mana?

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 622 2513779 beda-leader-dan-manajer-kamu-termasuk-yang-mana-06QN7JjTdD.jpg Perbedaan manager dan leader (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Dalam segi jabatan karier, Manajer dan Leader keduanya hampir serupa namun sebenarnya tak sama. Dalam sebuah organisasi perusahaan keduanya memiliki lingkup kerja yang berbeda.

Dilansir dari Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan, Rabu (8/12/2021). Perbedaan yang pertama adalah posisi dalam struktur organisasi itu sendiri.

Baca Juga: 5 Tipe Karyawan yang Akan Dipertahankan Perusahaan

Manajer itu sendiri merupakan atasan atau jabatan yang berada di atas dari karyawan biasa dalam suatu perusahaan.

Tetapi leader bisa merupakan rekan kerja, namun karena beberapa pertimbangan mereka dijadikan leader dalam suatu proyek atau yang lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Pikiran Negatif di Tempat Kerja, Diskusi dengan Rekan

Dalam proses kerjanya manajer bersifat memerintah dan menjelaskan untuk suatu pekerjaan. Sebaliknya leader bersifat memengaruhi dan menginspirasi.

Karena manajer merupakan suatu jabatan yang memiliki tanggung jawab besar, biasanya manajer dapat memberikan sanksi dan menyerahkan pekerjaan kepada karyawan di bawahnya.

Sedangkan leader dapat memberi kewenangan dengan cara mentoring kepada yang diberi wewenang tersebut.

Namun tidak menutup kemungkinan manajer merupakan leader yang baik. Dan menjadi atasan sekaligus rekan kerja sehingga dapat memimpin dengan baik suatu perusahaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini