Share

Industri Mamin Diproyeksi 'Kebal' Covid-19 di 2022

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Jum'at 10 Desember 2021 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 455 2515052 industri-mamin-diproyeksi-kebal-covid-19-di-2022-GZ3K6IAteL.jpg Proyeksi Industri Mamin 2022. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Industri Kecil, dan Menengah (IKM) sektor makanan dan minuman (mamin) diprediksi semakin tumbuh pada 2022. Oleh karena itu, pemerintah siap mendukung dari sisi peralatan dan permesinannya untuk menunjang kegiatan industri.

"Dapat kami sampaikan, pertumbuhan IKM sampai triwulan III-2021 mengalami pertumbuhan yang positif dibandingkan tahun lalu. Meski pertumbuhannya lambat, tapi pertumbuhan IKM berdasarkan nilai outputnya telah mencapai 4,37% dengan dominasi di industri makanan dan minuman. Jadi bisa kami proyeksikan industri pada sektor ini akan tumbuh positif hingga akhir 2022," kata Plt Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Reni Yanita, Jumat (10/12/2021).

Baca Juga: Kendala Industri Gula, Investor Sulit Cari Lahan di Luar Jawa

Terkait dengan sektor mamin yang akan mengalami pertumbuhan positif, maka pemerintah hadir untuk memberikan dukungan dalam hal ini memfasilitasi forum agar IKM mamin bisa memanfaatkan peralatan atau permesinan buatan Indonesia dari IKM-IKM yang hadir dalam pameran BMBI Fest.

"Ini perlu kita dukung juga dengan peralatan atau permesinannya. Jadi dengan semakin banyak tumbuh IKM pasti kan mereka butuh mesin yang juga banyak," ucap Reni.

Baca Juga: Industri Mamin di Jawa Timur Tak Dapat Pasokan Gula Rafinasi, Ini Penyebabnya

"Untuk mendukung industri pengolahan makanan, BMBI Fest juga diikuti oleh IKM yang menghasilkan mesin pengolahan makanan dan minuman. Dengan adanya pertumbuhan di IKM sektor mamin, pasti permintaan akan permesinannya juga akan meningkat," tukasnya.

Sebagai informasi, pada acara pameran virtual ini, terdapat tujuh kategori produk yang akan dipamerkan, yaitu mesin pengolahan makanan dan minuman, mesin industri lainnya, mesin atau alat kesehatan, elektronik atau kelistrikan, alat atau mesin teknologi tinggi, alat atau mesin pertanian dan perikanan, dan alat transportasi. 

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Adapun 45 IKM yang akan meramaikan acara tersebut, meliputi 15 IKM kategori alat atau mesin pertanian dan perikanan, 8 IKM kategori alat atau mesin teknologi tinggi, 2 IKM kategori alat transportasi, 5 IKM kategori mesin alat kesehatan, 11 IKM kategori mesin industri lainnya, dan 4 IKM kategori mesin pengolahan makanan dan minuman.

BMBI Fest akan dilaksanakan selama tiga hari, 9-11 Desember 2021 mendatang yang disiarkan melalui situs www.bmbifestival.id.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini