Share

10 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Jawa

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 470 2515017 10-kota-dengan-biaya-hidup-termurah-di-jawa-BoCKjgy5Y5.jpg Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Jawa. (Foto: Okezone.com/Instagram)

JAKARTA – 10 kota dengan biaya hidup termurah di Jawa patut menjadi lirikan. Pasalnya, iaya yang murah di suatu kota kerap kali menjadi pertimbangan dalam menentukan hunian agar menghemat pengeluaran.

Tak jarang alasan inilah yang membuat mereka tergugah untuk memilih kota tersebut karena biaya hidupnya yang terjangkau.

Pasalnya, meski biaya hidup murah tetap bisa menikmati hidup nyaman dan menabung. Berikut dibagikan 10 daftar kota dengan biaya hidup termurah di Jawa, Jakarta, Jumat (10/12/2021).

1. Banyuwangi

Berdasarkan hasil laporan survey BPS Indonesia Banyuwangi berada di urutan pertama sebagai kota termurah. Jika berminat, biaya hidup yang perlu dikeluarkan tinggal di kota ini berkisar Rp3,3 juta untuk 4 orang penghuni rumah.

2. Yogyakarta

Yogyakarta terkenal sebagai kota tujuan pelajar dengan biaya hidup paling murah. Bahkan, bermodalkan Rp300 ribu Anda bisa tinggal di kost. Selain tempat tinggal, di Yogyakarta membeli makanan dimulai harga Rp5 ribu saja.

Baca Juga: 7 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termurah, Sebulan Tak Sampai Rp3,5 Juta

3. Solo

Kemudian, predikat biaya hidup termurah di Jawa adalah Solo. Sebab, hanya mengeluarkan uang di bawah Rp1 juta bisa menjadi biaya hidup sehari-hari.

Namun, kisaran biaya standar Rp1 juta sampai Rp1,5 juta bila Anda ingin tinggal mandiri dengan lebih layak. Tergantung dengan gaya hidup masing-masing orang.

4. Cirebon

Sementara di Jawa Barat ada Cirebon dengan biaya hidup yang masih tergolong murah, biaya kost, biaya makan, dan hiburan bisa didapatkan kurang dari Rp1 juta hingga Rp2 juta.

Baca Juga: 4 Fakta Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termurah

5. Probolinggo

Biaya hidup di Probolinggo berkisar Rp3 juta untuk ukuran keluarga kecil per bulan. Selain biaya hidup murah, Probolinggo juga memiliki destinasi wisata alam terbaik di Jawa Timur yang bisa dijadikan pertimbangan.

6. Kudus

Kota di Jawa Tengah ini menawarkan fasilitas umum yang memadai. Kudus termasuk kota dengan biaya hidup sekitar Rp3 juta untuk satu keluarga.

7. Purwokerto

Bila memilih mencoba pindah bekerja atau menemukan kehidupan baru di kota Purwokerto biaya hidup tinggal satu orang berkisar Rp1 juta.

8. Malang

Malang masuk kategori murah untuk pelajar dan mahasiswa. Harga kost bulanan, biaya makan, transportasi, dan hiburan di Malang cukup terjangkau.

9. Surabaya

Jika Anda ingin menerapkan hidup hedon atau biasa saja Surabaya bisa menjadi keduanya. Kuliah dengan biaya terbatas pun bisa memilih kota Surabaya karena dapat menemukan harga kost dan makanan yang murah sesuai kemampuan.

10. Semarang

Kota Semarang menjadi incaran pendatang untuk urusan pekerjaan atau sekolah, banyak kampus terbaik seperti Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Universitas Negeri Semarang (UNNES). Biaya hidup di Semarang sekitar Rp1 juta, sedangkan Upah Minimum Regional (UMR) mencapai Rp2,5 juta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini