Share

Tanam Bawang Merah, Jokowi Harap Pendapatan Petani Meningkat

Dita Angga R, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 320 2516774 tanam-bawang-merah-jokowi-harap-pendapatan-petani-meningkat-lxl6U6lk41.jpg Presiden Jokowi tanam bawang merah di Temanggung (Foto: Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke lokasi lumbung pangan di Kabupaten Temanggung. Jokowi mengaku sempat menanam bawang merah bersama para petani.

“Pagi hari ini saya bersama-sama dengan Menteri Pertanian, Menteri PU, Gubernur Jawa Tengah, Bupati Temanggung dan para petani bersama-sama melakukan penanaman bawang merah yang kita lakukan di Kabupaten Temanggung,” katanya dalam keterangan persnya, Selasa (14/12/2021).

Baca Juga: RI Dipaksa Teken Perjanjian, Jokowi Menolak Permintaan Negara G20! Erick Thohir: Para Menteri Mendukung

Menurutnya ada 339 hektar lahan yang penanamannya akan dampingi Kementerian Pertanian. Dengan adanya pendampingan tersebut diharapkan nanti produktivitasnya bisa meningkat.

Selain pendampingan, dia juga mengingatkan yang tidak kalah penting adalah menyiapkan pembeli dari bawang merah yang ditanam tersebut.

Baca Juga: Ketimpangan Sektor Pertanahan Tinggi, Jokowi: Saya Pernah Jadi Orang Susah

“Sehingga kepastian harga, kepastian yang membeli ada. Dan harga yg ada tidak dipermainkan oleh para tengkulak,” ungkapnya.

Jokowi mengatakan dengan berbagai intervensi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani.

“Kita harapkan dengan produktivitas yang semakin baik, intervensi di bibit, saya harapkan pendapatan income dari petani akan meningkat,” ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun memastikan akan melihat kembali kondisi pasca panen. Hal ini untuk memastikan produktivitas dari lahan yang ditanami bawang merah tersebut.

“Dan ini akan saya lihat setelah panen, akan saya lihat setelah panen. Karena apa? Kita dapat memastikan kalau nanti panen sudah terjadi per hektar mendapatkan berapa ton, kemudian ongkos di produksinya berapa. Sehingga ketemu betul bahwa para petani memang mendapatkan keuntungan dari menanam bawang merah itu,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini