RI Ekspor 1.209 Unit Kendaraan ke Filipina dari Pelabuhan Patimban

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Jum'at 17 Desember 2021 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 320 2518827 ri-ekspor-1-209-unit-kendaraan-ke-filipina-dari-pelabuhan-patimban-2HZfyioZb2.jpg Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas ekspor perdana kendaraan ke berbagai negara tujuan di PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI), dan itu merupakan salah satu keberhasilan pemerintah dalam membangun pelabuhan.

Kemenhub secara resmi menyerahkan pengelolaan Terminal Kendaraan (Car Terminal) kepada PT. Pelabuhan Patimban International (PPI).

Baca Juga: RI Terpilih Jadi Anggota Dewan IMO, Menhub: Pengakuan Dunia di Sektor Maritim

"Hari ini sejarah baru pemerintah berhasil membangun satu pelabuhan lagi, di mana Pelabuhan Patimban langsung melayani ekspor perdana sebanyak 1.209 unit kendaraan ke Filipina, menggunakan Kapal MV. Fujitrans berbendera Liberia berukuran 27.286 Gross Ton (GT)," kata Menhub Budi karya Sumadi, melalui keterangan resmi, Jumat (17/12/2021).

Menhub Budi mengatakan pada ekspor perdana kendaraan di Pelabuhan Patimban, diharapkan bisa meningkatkan daya saing logistik secara nasional dan Patimban merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan indeks logistik nasional, agar bisa bersaing dengan negara di Asia Tenggara.

“Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, pembangunan Pelabuhan Patimban dilakukan dalam rangka meningkatkan indeks logistik nasional, serta berkolaborasi dengan Pelabuhan Tanjung Priok untuk menjadi "hub" baru yang memiliki daya saing di kawasan Asia Tenggara,” urainya.

Baca Juga: Sidang Majelis IMO, Menhub Beberkan Kontribusi RI di Dunia Maritim

Hal tersebut merupakan simbol kerja sama Indonesia dan Jepang, Kolaborasi PPI dan Toyota Tshusho diharapkan dapat meningkatkan pelayanan ekspor-impor kendaraan menjadi lebih baik dan kompetitif kedepannya.

Menhub berharap, kehadiran Pelabuhan Patimban dapat menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis ekspor kendaraan, yang dapat meningkatkan industri otomotif nasional.

“Selain melayani kegiatan ekspor-impor kendaraan, keberadaan Pelabuhan Patimban juga diharapkan mampu menggerakkan ekonomi sektor UMKM, sektor pertanian, industri kreatif dan sektor lainnya sehingga produk lokal mampu bersaing di pasar global,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini