Share

Keren, RI Segera Punya Kota Cerdas

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Senin 27 Desember 2021 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 470 2523205 keren-ri-segera-punya-kota-cerdas-NCj4WG0hnC.jpg Pengembangan Kota Cerdas di Indonesia. (Foto: Okezone.com/XBR International)

JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyiapkan fasilitas untuk digunakan sebagai riset yang melahirkan invonasi sebagai pengembangan dan pembangunan kota cerdas.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko yang diwakili Mego Pinando mengatakan, pembangunan dan keberlanjutan kota cerdas harus terus di kembangkan agar tidak menjadi semangat di awal saja namun bisa diterapkan dan terus dikembangakan.

Baca Juga: Dorong Keterlibatan Swasta, BRIN Integrasikan Sejumlah Lembaga Riset

"Kami juga membuka fasilitas pendanaan riset dan dan inovasi yang bisa dimanfaatkan dalam konteks bagaimana percepatan kota cerdas itu sendiri serta juga perluasan lingkup yang ada," ujar Pinandito dalam Riset Rating Transformasi Digital & Rating Kota Cerdas Indonesia 2021 secara virtual, Senin (27/12/2021).

Menurutnya, fasilitas dan pendanaan yang diberikan itu dapat dilakukan dalam berbagai kegiatan riset hingga menciptakan sebuah inovasi-inovasi sebagai pengembangan kota cerdas.

Baca Juga: Begini Cara BRIN Tingkatkan Riset di Indonesia

BRIN juga menyiapkan berbagai ekspedisi pelayaran jika dibutuhkan untuk melakukan riset dan menggali potensi yang akan di kembangkan di daerah.

"Kemudian terkait dengan ekspedisi pelayaran kemudian untuk pengujian berbagai obat dan alat kesehatan juga sudah di siapkan," sambungnya.

Pinandito menambahkan BRIN juga siap membuka seluruh fasilitasnya seperti laboratorium dan fasilitas non laboratorium yang dapat di manfaatkan oleh pimpinan daerah daerah mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten serta kota untuk mengembangkan inovasi kota pintar.

"Termasuk pimpinan daerah juga bisa melakukan periset yang ada di kami untuk bersama-sama berkolaborasi," kata Pinandito.

"Badan Riset dan Inovasi Nasional akan terus mendorong program kota cerdas Indonesia, kami selalu bersedia untuk berkolaborasi bersama di dalam pengembangan kota cerdas di tahun mendatang," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini