Share

Resmikan Bendungan Pidekso Rp772 Miliar, Jokowi: Air Kunci Tercapainya Kedaulatan Pangan

Selasa 28 Desember 2021 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 470 2523855 resmikan-bendungan-pidekso-rp772-miliar-jokowi-air-kunci-tercapainya-kedaulatan-pangan-AwUj8hnARG.png Bendungan Pidekso di Jawa Tengah Diresmikan. (Foto: Okezone.com/Setpres)

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Peresmian dilakukan di sela kunjungan kerjanya ke Jawa Tengah.

“Dan dengan mengucap bismillahirohmanirohim Waduk Pidekso di Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah siang hari ini saya nyatakan diresmikan,” katanya, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Nikmati Pemandangan Bendungan Ladongi Sambil Dayung Perahu

Jokowi mengatakan, perencanaan pembangunan bendungan ini sudah dimulai sejak tahun 2014. Di mana menelan biaya sebesar Rp772 miliar.

“Alhamdulillah Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah hari ini bisa kita resmikan. Bendungan yang menelan biaya Rp772 miliar ini mulai dikerjakan pembebasan tanahnya di 2014. Dan dimulai konstruksinya di 2017,” ungkapnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Air Kunci Tercapainya Kedaulatan Pangan!

Dia mengatakan, bahwa bendungan ini memiliki kapasitas 25.000.000 meter kubik dengan luas genangan 232 hektar. Dimana ini bisa mengairi kurang lebih 1.500 hektar sawah di Kabupaten Wonogiri.

Jokowi menegaskan bahwa kedaulatan pangan akan tercapai jika kebutuhan air untuk pertanian terpenuhi.

“Kalau kita ingin kemandirian pangan tercapai, kedaulatan pangan tercapai, ketahanan pangan tercapai waduk adalah menjadi kunci. Air merupakan kunci. Oleh sebab itu kita bangun waduk di seluruh tanah air di provinsi kita,” ujarnya.

Pada kesempatan itu dia mengatakan bahwa hari ini meresmikan dua bendungan.

“Tadi pagi saya baru saja meresmikan waduk Ladongi di Sulawesi Tenggara. Dan hari ini waduk pidekso di Kabupaten Wonogiri provinsi Jawa Tengah,” pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini