Share

Wapres: Halal Saja Tidak Cukup, Perlu Inovasi

Antara, Jurnalis · Rabu 29 Desember 2021 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 320 2524374 wapres-halal-saja-tidak-cukup-perlu-inovasi-E2GvoUDBIZ.jpg Wapres Maruf Amin sebut produk halal perlu inovasi (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Produk halal memerlukan inovasi agar bisa berkembang. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, label halal saja tidak cukup untuk membuat industri produk halal di Indonesia maju.

"Saya lihat ini perpaduan halal dan inovasi. Halal saja tidak cukup, inovasi saja tidak cukup, tapi halal dan inovasi membuktikan," kata Wapres Ma'ruf Amin, Rabu (29/12/2021).

Baca Juga: Wapres: Saya Sayangkan Bahan Baku Produk Halal Masih Impor

Ma'ruf Amin mengunjungi implementasi industri halal di PT Paragon sebagai produsen kosmetik halal dengan merek Wardah, Make Over, Emina, Kahf, Putri dan LABORE.

"Saya lihat (perusahaan ini) sangat besar sekali dan saya lihat ini industri yang memang berbasis riset, penelitian, bukan hanya berbasis pasar," tambah Wapres.

Baca Juga: Presiden Jokowi Optimistis Ekonomi Syariah Indonesia Nomor Satu Dunia

Wapres Ma'ruf mengaku pernah menyaksikan sendiri perjalanan perusahaan tersebut pada sekitar 1999 saat masih berbentuk industri rumahan.

"Setelah 22 tahun, sudah jadi perusahaan yang besar dan saya lihat ini perpaduan halal dan inovasi," ungkap Wapres.

Wapres juga menyebut inovasi diperlukan untuk memperluas pasar produk halal khususnya kosmetik.

"Sekarang, sedang dipelajari negara-negara dengan cuaca ekstrem panas dan dingin, sehingga produk tidak bermasalah dan bisa diterima bahkan juga negara-negara maju dengan kualitas yang kita harapkan agar terus ada produk yang muncul melalui riset," tambah Wapres.

Wapres mengungkapkan pemerintah saat ini sedang bekerja untuk membuka ekspor ke negara-negara nontradisional.

"Yang selama ini bukan sasaran ekspor kita. Ada 27 negara, dan penting untuk Paragon mengembangkan pasar selain tentu di Malaysia, ASEAN, Timur Tengah, itu sudah mulai dibuka. Ini cita-cita kita kalau bisa Indonesia jadi negara produsen produk halal terbesar di dunia dan saya kira ini juga membuka peluang penyerapan lapangan kerja," tegas Wapres.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini