Share

Jadi Ibu Kota Baru, Sri Mulyani Ingatkan Pemilik Tanah di Kaltim

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2022 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 470 2528150 jadi-ibu-kota-baru-sri-mulyani-ingatkan-pemilik-tanah-di-kaltim-7cvkJwm8ki.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani.(Foto: Okezone.com/KBUMN)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memperkirakan harga tanah di Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya Kutai Kartanegara bakal naik. Pasalnya, Kalimantan Timur akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN).

Harga tanah yang naik disebabkan karena pemerintah akan membangun sarana dan prasarana pendukung, seperti jalan tol.

Baca Juga: Siap-Siap! Sri Mulyani Sebut Harga Tanah di Ibu Kota Baru Akan Naik

"Bapak presiden memberikan pemihakan luar biasa bagi Kalimantan dan Kalimantan Timur, persiapan membangun IKN. Saya hampir yakin bapak atau ibu kalau punya tanah di sini harganya sebentar lagi naik semuanya," kata Sri Mulyani seperti dikuti Youtube Kementerian Keuangan, Kamis (6/1/2021).

Dia meminta agar warga Kalimantan memiliki perencanaan yang matang. Sebab, dengan hadirnya IKN akan jauh berbeda dengan hidup di wilayah lokal.

Baca Juga: Disetujui Jokowi, Ini Penampakan Istana Presiden di Ibu Kota Baru

"Jadi bapak atau ibu harus memiliki perencanaan makin matang. Sebab hidup di lokal ini akan berubah sama sekali dengan hadirnya IKN. Antara mimpi dan enggak mimpi, bener enggak sih (akan jadi IKN)? Kayaknya enggak. Tapi nanti tiba-tiba jadi," imbuhnya.

Mantan anggota Bank Dunia ini berharap sumber daya manusia (SDM) di calon IKN baru tersebut bisa ditingkatkan. Peran Institut Teknologi Kalimantan (ITK) sangatlah penting.

"Siapkan SDM-nya, karena ekonomi bisa maju karena infrastruktur dibangun. Adanya kantor, jembatan, tetapi kalau rakyatnya tertinggal, itu ngenes. Itu tidak bagus dan tidak berkelanjutan," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini