Share

Larangan Ekspor Batu Bara Dicabut Ada di Tangan Menko Luhut

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 320 2531163 larangan-ekspor-batu-bara-dicabut-ada-di-tangan-menko-luhut-cq5kYpdIrd.jpg Batu Bara (Foto: Okezone)

JAKARTA  - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mangaku belum mengeluarkan surat izin atas persetujuan berlayar untuk kapal yang mengangkut batu bara untuk dilakukan kegiatan ekspor ke berbagai negara tujuan.

Menurutnya Kemenhub belum dapat melakukan pengeluaran surat izin perjalanan dan masih melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah Kementerian untuk melakukan finalisasi pada sore ini.

Baca Juga: Jangan Kaget! Tarif Listrik Bisa Naik Gegara Batu Bara

“Untuk ekspor Baru bara nanti kewenangannya nanti di Kemenko Maritim (Pak Luhut),” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Stasiun Pasar Senen Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Menhub Budi Karya Sumadi menyebut pihak Kementerian Perhubungan masih akan melakukan rapat koordinasi lanjutan antar kementerian dan Lembaga.

“Nanti jam enam kita akan lakukan rapat koordinasi lanjutan lagi, nah Insya Allah apa yang menjadi harapan itu bisa terjadi, ” urainya.

Baca Juga: Sempat Krisis, Berapa Kebutuhan Batu Bara Indonesia per Bulan?

Budi Karya Menyebut Pemerintah sebagai stakeholder akan menindak lanjuti dan memastikan kebutuhan batu bara dalam negeri tersedia dengan baik.

“Nanti akan ada rakor lintas kementerian kalau dirasa cukup maka nanti sore kami akan putuskan untuk kembali memperbolehkan ekspor,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebanyak 14 kapal telah siap berlayar untuk kembali melakukan ekspor dan kegiatan ekspor batu bara akan kembali dibuka hari ini Rabu (12/1/2022) dengan catatan izin dan verifikasi ekspor akan diberikan secara bertahap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini