Proyek Kereta Cepat Terkendala Tanah Lempung, Menko Luhut: Menurut Ahli Bisa Menahan Goyangan

Antara, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 320 2531205 proyek-kereta-cepat-terkendala-tanah-lempung-menko-luhut-menurut-ahli-bisa-menahan-goyangan-UQccjf4UYG.jpg Menko Luhut Binsar Pandjaitan cek proyek kereta cepat (Foto: Okezone)

JAKARTA – Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung terkendala lokasi tanah yang sedikit lempung. Namun Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meyakini pengerjaan terowongan (Tunnel 2) bisa diatasi dengan baik.

Baca Juga: Dapat PMN Rp6,9 Triliun, KAI Guyur Rp4,3 Triliun Bereskan Kereta Cepat

"Lokasi tanah di sekitar Tunnel 2 sedikit lempung, tapi itu dapat diatasi dengan baik," kata Menko Luhut Pandjaitan, di Purwakarta, Rabu (12/1/2022).

Sebelum meninjau terowongan, Menko Luhut terlebih dahulu mendengarkan paparan dari pihak pengembang proyek strategis nasional tersebut.

Baca Juga: Ini Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Usai Pembangunan Ulang Tiang Roboh

Dia mengatakan sesuai dengan penjelasan ahli masalah kondisi tanah yang lempung itu bisa teratasi. Bahkan penyelesaian terowongan itu ditargetkan selesai pada April 2022.

Sebelumnya Menko Luhut menduga kalau struktur tanah di lokasi proyek banyak tanah lempung yang dapat mengganggu proyek. Namun ternyata kondisi saat ini semakin baik dan terus dikerjakan ke dalam, karena di atas sudah di bor juga dicor bahan beton.

"Menurut ahli-ahli, ini bisa menahan goyangan," kata Menko Luhut Pandjaitan.

Dalam kunjungannya itu Menko Luhut menggunakan kereta api dan transit di Stasiun Ciganea, Purwakarta. Hadir pada peninjauan tersebut Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan jajaran Forkopimda Purwakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini