Ditemani Erick Thohir, Presiden Jokowi Cek Persiapan MotoGP Mandalika

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 320 2531464 ditemani-erick-thohir-presiden-jokowi-cek-persiapan-motogp-mandalika-PYxF5e7DGc.jpg Jelang MotoGp di Sirkuit Mandalika 2022. (Foto: Okezone.com/@jatiwaramahardika)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri BUMN Erick Thohir akan meninjau kesiapan gelaran MotoGP di Mandalika 2022. Rombongan bertolak ke Nusa Tenggara Barat (NTB) hari ini.

Berdasarkan keterangan BPMI Sekretariat Presiden, Kepala Negara bersama rombongan terbatas lepas landas melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, pada pukul 07.00 WIB.

Lantas bagaimana persiapan pelaksanaan MotoGP saat ini?

Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya terus berupaya agar penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 berjalan dengan baik.

Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika, NTB Kekurangan Kamar Hotel

Berbagai persiapan terus dilakukan termasuk melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan World Superbike (WSBK) yang telah dilakukan tahun lalu. Evaluasi yang dilakukan dimaksudkan agar penyelenggaraan MotoGP 2022 sesuai dengan yang diharapkan.

"Kita mempersiapkan MotoGP belajar dari event di WSBK. Pada event WSBK itu, berdasarkan evaluasi di lapangan kita menemukan 9 permasalahan pokok yang harus dikerjakan. Sehingga nantinya event MotoGP ini bisa berjalan sesuai dengan keinginan kita semua," kata Hadi Tjahjanto dalam keterangan pers, Rabu (12/01/2022).

Baca Juga: Jadwal Rilis Tim dan Tes Pramusim MotoGP 2022: Ada di Sirkuit Mandalika, Indonesia

Saat ini, persiapan yang terus dikejar adalah melakukan pembenahan. Pembenahan di Sirkuit menjadi tier 1, tier 2, hingga tier 3. Tier 1 adalah di paddock area, kemudian tier 2 adalah di sirkuitnya itu sendiri, dan tier 3 adalah area penonton.

Hadi menyebut, untuk sarana pendukung di luar sirkuit, pihaknya segera membenahi infrastruktur pendukung. Misalnya, jalan mulai dari bandara di Bypass sampai ke Mandalika, lalu akses depan sirkuit terus dibenahi.

Kemudian, untuk mengantisipasi kemacetan, dilakukan pembenahan dengan cara membuka lima pintu masuk. Diantaranya, pintu Pelabuhan di Gili Mas, pintu Pelabuhan di Lembar, pintu Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, dan pintu di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid. "Jadi pintu masuknya itu ada 4 pelabuhan dan 1 bandara," ungkap Hadi.

Nantinya, para penonton yang datang melalui lima pintu masuk itu akan diurai dengan cara menggunakan shuttle bus.

Hadi menjelaskan, calon penonton yang sudah menginap di hotel di Mataram atau di Lombok akan diinformasikan melalui media bahwa mereka akan menggunakan shuttle bus yang disiapkan di Islamic Center dan di bandara lama Selaparang. Demikian bagi penonton yang datang melalui bandara dan pelabuhan. Hadi mengatakan, harus menggunakan shuttle bus menuju ke sirkuit Mandalika.

“Jadi dua pintu, Parkir Timur melalui Bypass, parkir barat melalui Sengkol. Di titik Sengkol, baik parkir barat maupun Parkir Timur itu nanti akan melaksanakan proses ticketing, akan ada proses yang namanya Pedulilindungi,” ujar Hadi.

Senada, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Septriana Tangkary mengatakan, gelaran MotoGP Mandalika 2022 akan menunjukan kepada dunia tentang keberhasilan penyelenggaraan yang dilakukan, lebih dari itu masyarakat akan mendapatkan banyak manfaat, khususnya manfaat ekonomi.

"Kita bisa mengangkat banyak potensi wisata, kuliner, budaya dan banyak lagi tentang Indonesia, adanya gelaran ini dapat meningkatkan perekonomian Indonesia secara keseluruhan,” tutur dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini