Share

Jelang MotoGP Mandalika, NTB Kekurangan Kamar Hotel

Oktiani Endarwati, Koran SI · Selasa 11 Januari 2022 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 470 2530445 jelang-motogp-mandalika-ntb-kekurangan-kamar-hotel-NSantYzTmY.jpg Jelang MotoGp Mandalika. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Hotel kota Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai penuh jelang penyelenggaraan balap MotoGP 2022 di Mandalika. Bahkan akomodasi hotel cenderung kekurangan karena pasokan kamar tidak bisa menampung jumlah pengunjung yang akan datang.

Adapun ajang balap sepeda motor dunia itu akan berlangsung 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga: Pastikan Kesiapan Penyelenggaraan MotoGP, Hadi Tjahjanto Tinjau Sirkuit Mandalika

Sekjen Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran mengatakan, jumlah kamar hotel yang tersedia di NTB berdasarkan data sekitar 12.000 hingga 12.500. Sementara kebutuhan kamar bisa mencapai lebih dari 50.000.

"Kurangnya masih banyak sekali. Untuk itu kita harus mencari akomodasi yang dekat dengan tempat penyelenggara event," ujarnya dalam Market Review IDX Channel, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Jelang MotoGP 2022 Mandalika, Sandiaga Uno Pastikan Akomodasi Wisatawan Jadi Prioritas

Maulana melanjutkan, jumlah kamar yang ada di NTB tidak bisa mengimbangi penonton yang akan hadir pada ajang balap sepeda motor dunia tersebut sehingga perlu menyiapkan destinasi lain yang bisa menjadi penyangga dari tamu-tamu tersebut. Adapun daerah alternatif adalah Bali dengan jumlah ketersediaan kamar yang cukup besar lebih dari 200.000 kamar.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

"Ini cukup mumpuni. Nah, kolaborasi yang harus dilakukan itu adalah masalah transportasi baik laut maupun udara. Bagaimana konektivitas ini bisa terhubung dengan baik sehingga tidak menyulitkan mereka untuk datang hanya untuk menonton kemudian balik lagi ke balik untuk menginap lagi," jelasnya.

Menurut dia, saat ini akomodasi hotel khususnya bintang dua ke atas sudah mulai terjadi peningkatan. "Kita lihat juga event sebesar ini para penonton lebih banyak bintang 3 keatas. Inilah yang kami perlu persiapkan termasuk seluruh akomodasi yang ada di NTB, baik itu dari skala kelas hotel yang harus dipersiapkan, hotel non bintang sampai bintang lima," ungkapnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini