Share

Erick Thohir Ajak Milenial Buat Game Sendiri

Antara, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 320 2533638 erick-thohir-ajak-milenial-buat-game-sendiri-ES19sTyRci.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengajak generasi muda untuk membuat game sendiri agar bisa menjadi tuan rumah dalam pertandingan e-sports dan pasar game di Indonesia.

Erick mengatakan, semua game yang saat ini dimainkan oleh masyarakat Indonesia adalah game asing dengan memakai infrastruktur yang dibangun dan diinvestasikan oleh pemerintah.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Yakin Game Development Bangkitkan Ekonomi dan Ciptakan Lapangan Kerja

Sarana-sarana infrastruktur digital seperti jaringan fiber optic, menara telekomunikasi, dan Wifi dibangun oleh pemerintah atau Telkom dan Telkomsel, namun kemudian yang masuk memanfaatkan infrastruktur digital Indonesia tersebut adalah game-game asing.

"Kita tidak anti-asing, justru kita sekarang mendorong bagaimana generasi muda Indonesia bisa membuat game sendiri, apakah nanti kita akan membiayai ataupun diberikan investasi, namun yang paling penting generasi muda Indonesia juga harus berani menggunakan dan memakai game-game yang dibuat oleh kita sendiri," ujarnya, dikutip dari Antara, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Ini Keuntungan Kembangkan Industri Game Lokal

Menteri BUMN itu juga bahkan menginginkan agar pertandingan-pertandingan e-sports di dalam negeri sekarang kalau boleh sebagian harus menggunakan game Indonesia, tidak perlu terus menggunakan game-game buatan asing.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir ingin game, konten lokal dan produk dalam negeri bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan mengisi pasar media.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Erick menyampaikan bahwa media dalam lima tahun mendatang akan semakin terdigitalisasi, interaktif, tetapi yang penting konten-kontennya bisa diisi oleh orang-orang Indonesia.

Menteri BUMN juga mengungkapkan bahwa fokus baru Telkomsel dengan menjadi agregator bagi business to commerce (B2C) untuk mendukung pengembangan kreator lokal baru, salah satunya kreator game lokal.

Dikatakannya, Telkomsel akan diubah menjadi agregator untuk business to commerce (B2C), salah satunya yang mungkin teman-teman mahasiswa mainkan saat ini yakni game online, e-sports. Game online dan e-sports saat ini mayoritas gamenya buatan asing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini