Share

Rampung Maret, Erick Thohir: Sarinah Jadi Wadah Kolaborasi dan Karya Pecinta Seni dan UMKM

Suparjo Ramalan, iNews · Selasa 18 Januari 2022 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 470 2534216 rampung-maret-erick-thohir-sarinah-jadi-wadah-kolaborasi-dan-karya-pecinta-seni-dan-umkm-IRvqBvhgcD.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/Instagram)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa renovasi gedung Sarinah hampir selesai. Gedung yang nantinya menjadi Hub atau UMKM itu akan diresmikan Maret 2022.

Erick pun memamerkan foto terbarunya yang berlatar gedung Sarinah. Dia menulis, bangunan besutan Presiden Soekarno itu tak hanya bersolek sebagai community mall, tapi menjadi wadah bagi karya sejumlah komunitas, termasuk para seniman.

"Tak hanya bersolek sebagai community mall, Sarinah menjadi wadah berbagai komunitas untuk berkolaborasi dan berkarya, khususnya bagi para pecinta seni, wirausaha lokal, dan UMKM," tulis Erick, dikutip dari Instagramnya, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: InJourney Siapkan Sarinah Jadi Window of Indonesia

Sarinah merupakan pusat perbelanjaan berstatus cagar budaya dengan konsep urban forest yang mengutamakan outdoor space di jantung Ibu Kota Jakarta.

Sebelumnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney bakal menjadikan Sarinah sebagai Hub UMKM di Indonesia. Aksi itu sejalan dengan Sarinah sebagai pusat pengembangan produk-produk UMKM.

Baca Juga: Sarinah Bakal Dibuka Maret 2022, Erick Thohir Undang Hussain Jaber

Direktur Marketing Aviasi Pariwisata Indonesia, Maya Watono menyebut Sarinah akan difokuskan mengembangkan produk-produk lokal. Pihaknya pun menargetkan pembukaan (soft launching) Sarina dilakukan pada Maret tahun ini.

Dia juga membeberkan rencana kerja sama antara PT Sarinah (Persero) dan Dufry International Ltd. Saat ini komunikasi kedua manajemen berjalan baik, hanya saja penjualan di gerai Dufry mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

"Mengenai ritel dengan Dufry juga kita sekarang on progres, bagaimana kita dengan dufry ini karena memang dufry ini sangat turun dengan pandemi yang ada, jadi bagaimana membangkitkan kembali," ungkap dia.

Sarinah memang menggandeng Dufry International Ltd dalam mengembangkan bisnis UMKM. Dengan kerja sama itu, produk UMKM Indonesia akan dijual di gerai Dufry.

Tercatat, perusahaan yang bergerak di bidang travel ritel itu memiliki lebih dari 2.400 gerai di 420 lokasi yang tersebar di sejumlah negara. Maka, dengan kemitraan Sarinah dan Dufry dipastikan pemasaran produk lokal akan diperdagangkan di secara luas di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini