Share

Belanja Online Makin Digemari, E-Commerce Tumbuh 40% di 2021

Oktiani Endarwati, Koran SI · Jum'at 21 Januari 2022 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 455 2535696 belanja-online-makin-digemari-e-commerce-tumbuh-40-di-2021-DI4WBmJPN3.jpg Belanja online makin digemari (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pertumbuhan e-commerce di Indonesia meningkat lebih dari 40% di tahun 2021. Peningkatan ini sejalan dengan pergeseran gaya hidup masyarakat ke arah digital dan semakin berkembangnya digitalisasi sistem pembayaran.

Baca Juga: Penjualan E-Commerce Naik Berkah Harbolnas, Produk Lokal Raup Rp8,5 Triliun

"Pertumbuhan e-commerce dari 2020 ke 2021 bertumbuh cukup signifikan, dua digit. Estimasi lebih dari 40%. Kita masih menunggu data finalnya tetapi kami yakin pertumbuhannya di atas 40% year-on-year," ujar Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga dalam Market Review IDX Channel, Jumat (21/1/2022).

Baca Juga: Dongkrak Penjualan Produk, BRI Gandeng Beemarket.id Dukung UMKM Go Digital

Menurut dia, pertumbuhan ini seiring dengan pemulihan ekonomi nasional dan perubahan perilaku masyarakat dalam berbelanja online. "Kami melihat sekarang secara pergerakan ekonomi juga sudah mulai pulih, dan juga memang perilaku masyarakat untuk berbelanja dari efek pandemi ini juga membantu meningkatkan transaksi dari e-commerce," ungkapnya.

Sementara dari belanja iklan e-commerce diproyeksikan tumbuh positif di tahun ini. Bima menuturkan, belanja iklan menjadi investasi bagi perusahaan e-commerce untuk meningkatkan jumlah kunjungan pembeli ke platform mereka. Belanja iklan e-commerce akan mengikuti perkembangan perekonomian nasional.

"Belanja iklan e-commerce ini tentu ujungnya untuk meningkatkan transaksi e-commerce itu sendiri dan juga peningkatan traffic pembeli," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini