Share

Penampakan Stasiun Cilacap, Dibangun Zaman Belanda yang Pernah Dibom Jepang

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Minggu 23 Januari 2022 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 470 2536472 penampakan-stasiun-cilacap-dibangun-zaman-belanda-yang-pernah-dibom-jepang-NA2qF84p2c.png Penampakan Stasiun Cilacap (Foto: Tangkapan Layar Instagram KAI)

JAKARTA – Penampakan Stasiun Cilacap yang dibangun pada masa kolonial Belanda. Kini Stasiun Cilacap menjadi salah satu landmark Kota Cilacap, Jawa Tengah.

Berlokasi di Tambakreja, Cilacap Selatan, Cilacap, Jawa Tengah ini masuk di wilayah Daerah Operasi 5 Purwokerto.

Melansir Instagram resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI), Minggu (23/1/2022), stasiun ini merupakan stasiun terakhir pada jalur Maos – Cilacap.

Baca Juga: Efisiensi Anggaran, Jadi Alasan Pembangunan Stasiun Kereta Cepat Walini Ditunda

Stasiun Cilacap melayani jasa kereta jarak jarak jauh antara lain, KA Purwojaya relasi Gambir – Cilacap PP dan KA Wijayakusuma relasi Cilacap – Ketapang PP.

Stasiun tersebut telah mendapatkan renovasi pada tahun 1943 oleh arsitek Thomas Nix dengan gaya Nieuwe Bouwen. Sebab bangunan pertama Stasiun Cilacap ini telah rusak dibom oleh pesawat udara Angkatan Laut Jepang.

Dari desain bangunan baru itu terlihat kolom-kolom tinggi yang tidak menempel pada dinding sehingga memberi kesan megah.

Bangunan Stasiun Cilacap memiliki arsitektur modern yang populer di awal abad 20. Jenis arsitektur tersebut lebih mengutamakan fungsi dan kekokohan daripada ornamentasi atau hiasan.

Di Stasiun Cilacap juga masih terdapat menara yang dulunya berfungsi untuk pengintaian. Dan saat ini menara tersebut seperti memperkuat identitas Stasiun Cilacap.

 Stasiun Cilacap

Pada ruang pengatur perjalanan kereta api, jendela dan pintunya terbuat dari besi menambah kesan unik stasiun ini. Pada masa kolonial hal tersebut guna menahan peluru dari musuh.

Bukan hanya itu, tak jauh dari stasiun terdapat depo lokomotif. Stasiun Cilacap juga dijadikan sebagai tempat parkir untuk kereta, gerbong avtur, serta lokomotif untuk aktivitas pulang pergi ke depo Pertamina.

Sekadar informasi, berdasarkan data yang disajikan laman KAI, Stasiun Cilacap pada awalnya dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda sebagai fasilitas pengangkutan hasil bumi dari kegiatan tanam paksa di daerah Wonosobo, Purworejo, dan sekitarnya ke Pelabuhan Cilacap untuk selanjutnya dibawa ke luar Pulau Jawa hingga ke Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini