Share

Dicurigai Sembunyikan Utang, Sri Mulyani Sebut Dirinya Bukan Tukang Sulap

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 320 2537081 dicurigai-sembunyikan-utang-sri-mulyani-sebut-dirinya-bukan-tukang-sulap-9uyHt1hvW0.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan tidak ada utang yang disembunyikan oleh pemerintah.

Hal ini dikarenakan DPD RI mencurigai ada utang khusus untuk APBN. Rinciannya sekitar Rp4.800 triliun, kemudian ada utang pembangunan sampai Rp 6.000 triliun, utang swasta Rp 5.400 triliun, dan utang investasi.

Baca Juga:Β Kelakar Sri Mulyani soal Tes Covid-19: Tiap Hari Hidung Saya Ditusuk Jadi Bolongnya Lebih Gede

"Jadi nggak mungkin ada utang tersembunyi. ke kiri dan ke kanan. Kalau ada yang bisa nyembunyiin utang, ya tukang sulap," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Senin (24/1/2022)

Kemudian kata dia, mekanisme penarikan utang untuk menutup defisit anggaran sudah diatur dalam UU APBN tahun berjalan. Pemerintah juga mematuhi UU tersebut mengingat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selalu melakukan audit di akhir tahun.

Baca Juga:Β Soroti Pendapatan APBD 2021, Sri Mulyani: Tak Terlalu Tinggi

"APBN sudah kita susun bersama, bukan saya yang bikin sendiri. Dan ini kemudian diundangkan. Ini cara kami mengelola keuangan negara,” katanya.

Dia juga menambahkan menghadapi pandemi ini, APBN berfungsi sebagai gas dan rem, melakukan realokasi dan refocusing anggaran hingga dituntut untuk lebih fleksibel.

β€œDan hasilnya relatif luar biasa dibandingkan negara-negara di dunia. Dari kontraksi ekonomi, speed recovery dan size APBN di mana defisitnya sangat terukur,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini