Share

Pasar Recovery, IPO Pilihan Tepat untuk Bangkit di 2022

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 278 2539268 pasar-recovery-ipo-pilihan-tepat-untuk-bangkit-di-2022-k7BQOCbrs1.jpg Stock Market di Bursa Efek Indonesia Semakin Baik. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Tahun ini atau 2022 merupakan momentum yang tepat untuk melantai di Bursa Efek Indonesia. Pasalnya, kondisi stock market terus membaik dan menjadi momentum bagi sejumlah perusahaan kembali menjalankan rencana penawaran saham perdana (IPO).

Menurut Ekonom dan Praktisi Pasar Modal, Lucky Bayu Purnomo, tahun ini tepat untuk IPO, salah satu indikasinya adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mulai menguat ke level 6.600. Meski belum mencapai level tertinggi sepanjang sejarah di level 6.754, namun kondisi penguatan sudah terjadi sejak awal tahun 2022. Hal ini menjadi indikasi optimisme para investor terhadap pasar ke depan.

Baca Juga: Resmi Melantai di BEI, Saham Net Visi Media Menguat 34%

“Proses IPO harus terus membandingkan kondisi perusahaan dengan sektornya, serta kondisi pasar secara umum,” kata Lucky, Jumat (28/1/2022).

Di antara sektor yang sedang memasuki masa pemulihan (improving) secara bertahap adalah properti, infrastruktur dan banking. Seluruh sektor tersebut melibatkan pembiayaan sehingga berpotensi menyehatkan satu sama lain, meski proses pemulihan membutuhkan waktu.

Baca Juga: IPO Net Visi Media (NETV), Intip Profil Tamu Baru BEI di 2022

Proses pemulihan sektor properti juga akan didorong oleh berbagai kebijakan dan insentif dari pemerintah untuk memberi kemudahan dalam menjalankan usaha.

Sebagai contoh, hari ini salah satu perusahaan properti berbasis transportasi massal, PT Adhi Commuter Properti (ADCP) menerbitkan prospektus IPO. Anak usaha PT Adhi Karya Persero Tbk (ADHI) ini akan menerbitkan saham baru sebesar 28,6% atau setara dengan 8,011,204,500 lembarsaham dengan rentang harga Rp130-200/ lembar saham.

Menurut Lucky, properti yang berdekatan dengan transportasi massal bagus dan inovatif. Ia menegaskan prospek saham ADCP akan berkaitan dengan berbagai langkah perusahaan dalam melakukan optimalisasi asetnya.

“Apa yang dilakukan ADCP merupakan karakter dari langkah diversifikasi. Artinya dalam rangka tetap mempertahankan kualitas fundamental perusahaan,” kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini