Share

Kasus Covid-19 Meningkat, Bisakah Pertumbuhan Ekonomi RI di Atas 5%?

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Minggu 30 Januari 2022 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 30 320 2540023 kasus-covid-19-meningkat-bisakah-pertumbuhan-ekonomi-ri-di-atas-5-FRMIPBErUf.jpg Menko Luhut soal Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Covid-19. (Foto: Okezone.com/Kemenko Marves)

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, proyeksi pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi di 2022 mencapai angka diatas 5%. Hal tersebut diproyeksikan lebih tinggi dibanding proyeksi 2021 3,7% sampai 4%.

“Sepanjang tahun 2021 Indonesia banyak diprediksi pertumbuhan ekonomi tumbuh di angka 3,7% sampai dengan 4%. Tapi di 2022, pemerintah akan lebih optimis pertumbuhan akan di atas angka 5%,” kata Menko Luhut Binsar Pandjaitan dalam Sidang MPL PGI secara virtual, dikutip Minggu (30/1/2022).

Baca Juga: Periskop 2022: Kondisi Perekonomian Indonesia hingga Target Pertumbuhan 5%

Menko Luhut berhara, meski di tengah pandemi Omicrn dan covid -19 Pemerintah bisa dapat dikendalikan karena kunci dari realisasi pertumbuhan Ekonomi ada di Covid-19 itu sendiri.

“Mengenai ekonomi, indeks keyakinan ekonomi telah hampir kembali seperti sebelum pandemi, indeks manufaktur PMI juga telah mengalami ekspansi sehingga dapat kita lihat aktifitas ekonomi yang gelah bergerak,” kata Menko Luhut.

Baca Juga: Sri Mulyani Pede Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5% pada Kuartal IV-2021

Luhut menuturkan bahwa sepanjang dua tahun di masa Pandemi, bahwa banyak tatanan dan kegiatan yang telah berubah.

“Tapi karena kita saling kerjasama, terus saling mengandeng satu sama lain, holistik dan terpadu kita mampu bangkit dan bahkan berinovasi dalam segala bidang,” urainya.

Tanpa disadari Indonesia telah melakukan sejumlah akselerasi, percepatan inovasi dan penghematan atau efisiensi dan digitaisasi di sehumlah sektor.

“Tantangan pandemi menjadi tantangan bagi berbagai negara tanpa terkecuali. Hal ini mempengaruhi seni dan berbangsa atas apa yang kita jalankan,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini