Share

Menhub Cek Pelabuhan Penyeberangan Danau Toba

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 01 Februari 2022 09:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 01 320 2540862 menhub-cek-pelabuhan-penyeberangan-danau-toba-izsg5uDqoB.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi cek pembangunan pelabuhan penyeberangan (Foto: Kemenhub)

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek pembangunan pelabuhan penyeberangan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sejumlah pelabuhan yang ditinjau direncanakan akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Rabu (2/2) mendatang.

Baca Juga: Kapal Tol Laut Bersandar di Pelabuhan Malbufa, Ini Manfaatnya bagi Ekonomi Maluku Utara

“Saya mengecek kondisi pelabuhan penyeberangan untuk memastikan pelabuhan ini telah siap untuk melayani konektivitas di wilayah Danau Toba dan sekitarnya. Ini harus dipastikan bisa melayani dengan baik untuk mendukung kawasan strategis pariwisata nasional yang tengah dikembangkan pemerintah,” kata Menhub Budi Karya dalam keterangannya, Selasa (1/2/2022).

Baca Juga: Bangun Terminal Penumpang Pelabuhan Sanur, Menhub: Tarik Turis ke Kawasan Segitiga Emas

Dalam rangka mendukung KSPN Danau Toba, Kemenhub membangun sebanyak 13 Pelabuhan Penyeberangan yang tersebar di 7 (tujuh) Kabupaten di Sumut yaitu : Kabupaten Toba (4 Pelabuhan), Kab. Samosir (4 Pelabuhan), Kab. Simalungun (1 Pelabuhan), Kab. Tapanuli Utara (1 Pelabuhan), Kab. Humbang Hasundutan (1 Pelabuhan), Kab. Karo (1 Pelabuhan), dan Kab. Dairi (1 Pelabuhan).

“Sebanyak tujuh di antaranya sudah selesai dibangun dan akan segera diresmikan. Sementara enam lainnya saat ini tengah dilakukan proses pembangunan,” tambahnya.

Adapun pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan yaitu : Pelabuhan Penyeberangan Ajibata dan Balige (Kabupaten Toba), Simanindo (Kab. Samosir), Tigaras (Kab. Simalungun), Muara (Kab. Tapanuli Utara), Baktiraja (Kab. Humbang Hasundutan), dan Tongging (Kab. Karo).

“Sedangkan, pelabuhan penyeberangan yang tengah dibangun yaitu: Pelabuhan Penyeberangan Silalahi (Kab. Dairi), Ambarita, Onan Runggu, dan Sipinggan (Kab. Samosir), Sigapiton dan Porsea (Kab. Toba),” urainga.

Menhub meninjau tiga pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan Presiden yakni: Ajibata, Simanindo dan Tigaras. Serta satu pelabuhan yang masih dalam pembangunan yakni Ambarita.

“Keberadaan pelabuhan ini diharapkan akan meningkatkan konektivitas antar wilayah di Danau Toba dan menarik minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba dan sekitarnya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini