Share

Waduh! 36 Ribu Pelanggan PLN Tunggak Bayar Listrik Rp6,5 Miliar

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Rabu 16 Februari 2022 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 320 2548106 waduh-36-ribu-pelanggan-pln-tunggak-bayar-listrik-rp6-5-miliar-mEstY5CWWL.jpg Pelanggan PLN Tunggak Bayar Listrik. (Foto: Okezone.com)

MEDAN - 36.096 pelanggan listrik di Sumatera Utara menunggak tagihan dengan nilai mencapai Rp6,5 miliar. Pelanggan menunggak didominasi pelanggan rumah tangga.

Humas PT PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, Yasmir Lukman mengatakan, jumlah pelanggan dan nilai tunggakan tersebut sudah turun dibandingkan awal Februari lalu yang mencapai 86.465 pelanggan dengan total tagihan mencapai Rp15,1 miliar.

Baca Juga: PLN Tekan Emisi Karbon CO2 di Pembangkit Jamali

"Jumlah pelanggan dan besarnya tunggakan ini memang berubah setiap saat, tapi sampai siang ini, jumlahnya mencapai 36.096 pelanggan dengan nilai tunggakan Rp6,5 miliar. Umumnya yang menunggak itu pelanggan rumah tangga," sebut Yasmir, Rabu (16/2/2022).

Untuk menekan jumlah pelanggan yang menunggak dan nilai tunggakan, Yasmir mengaku pihaknya terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk membayar listrik tepat waktu.

"Kami juga mengenalkan aplikasi PLN Mobile agar masyarakat lebih mudah melakukan pembayaran," sambungnya.

Baca Juga: Keren Ada Pembangkit Listrik di Kapal Tongkang

Yasmir mengaku salah satu upaya untuk menekan tunggakan listrik pelanggan adalah dengan mengajak pelanggan bermigrasi dari listrik pascabayar menjadi prabayar dengan menggunakan token listrik.

"Sejauh ini dari total sekitar 4 juta pelanggan PLN di Sumut, kurang lebih 40 persen diantaranya sudah menggunakan listrik prabayar. Kita akui memang listrik prabayar ini efektif menekan tunggakan," pungkasnya.

Bagi pelanggan yang menunggak, kata Yasmir, prosedur pemutusan listrik menjadi pilihan terakhir.

"Semua pelanggan akan diberlakukan sama. Bagi yang menunggak akan kita lakukan pemutusan sementara aliran listrik," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini