Share

Omicron Masih Tinggi, Bagaimana Nasib Pengusaha Mal?

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Sabtu 19 Februari 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 19 320 2549852 omicron-masih-tinggi-bagaimana-nasib-pengusaha-mal-LsG4sirLLn.jfif Nasib pengusaha mal saat Omicron makin tinggi. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Penyebaran virus Covid-19 varian Omicron yang masih meningkat berdampak pada penurunan kunjungan masyarakat ke mal.

Di mana, masyarakat lebih berhati-hati dengan kondisi tersebut.

“Tren kenaikan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan mulai melandai sejak tiga minggu lalu. Hal ini selain karena memang memasuki low season, juga karena kehati-hatian masyarakat terhadap penyebaran Covid-19 varian Omicron yang sangat masif,” ujar Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonsus Widjaja saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Sabtu (19/2/2022).

Alphonsus mengatakan, rata-rata tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan khususnya di wilayah DKI Jakarta tidak lebih dari 40%.

Ini jika dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi.

“Sebenarnya penyebaran Covid-19 varian Omicron sudah berdampak terhadap tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan sejak sebelum diberlakukan PPKM level 3. Di mana, menyebabkan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan hanya tersisa tidak lebih dari 40% dibandingkan dengan saat sebelum pandemi,” jelasnya.

Namun demikian, pihaknya menyakini bahwa dampak Covid-19 varian Omicron tidak akan seberat seperti saat Covid-19 varian Delta.

Pasalnya, saat ini tingkat vaksinasi sudah jauh lebih tinggi dibandingkan pada saat Covid-19 varian Delta lalu.

“Saat ini juga telah dilakukan vaksinasi ketiga (booster/penguatan), yang mana semuanya akan sangat membantu agar PPKM level 3 tidak berkepanjangan sehingga tidak memperburuk kondisi usaha,” ucapnya.

(ZWD)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini