Share

Apakah JHT Sama dengan Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan, Lebih Besar Mana Dapatnya?

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Rabu 23 Februari 2022 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 320 2551708 apakah-jht-sama-dengan-jaminan-pensiun-bpjs-ketenagakerjaan-lebih-besar-mana-dapatnya-16r6Uy0PYX.jpg Apakah JHT dan jaminan pensiun BPJS Ketenagakerjaan sama?

JAKARTA – Apakah Jaminan Hari Tua (JHT) sama dengan Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan? Hal itu masih menjadi pertanyaan di kalangan masyarakat.

Diketahui, JHT merupakan salah satu program BPJS Ketenagakerjaan.

Walau JHT dan Jaminan Pensiun BPJS sama-sama diperuntukkan untuk pekerja, namun keduanya memiliki perbedaan.

 BACA JUGA:Ancam Demo Besar-besaran, Buruh Beri Waktu Menaker Seminggu Cabut Aturan JHT

Mengutip berbagai sumber, Rabu (23/2/2022), Jaminan Hari Tua (JHT) adalah program perlindungan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk menjamin agar peserta menerima uang tunai apabila memasuki masa pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Manfaat JHT berupa uang tunai yang besarnya adalah akumulasi seluruh iuran yang telah dibayarkan ditambah dengan hasil pengembangannya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Uang tunai akan dibayarkan sekaligus apabila peserta mencapai usia 56 tahun.

Adapun JHT tetap bisa dicairkan sebelum usia 56 tahun, yakni sebesar 30% untuk kepemilikan rumah atau 10% untuk keperluan lain dengan ketentuan minimal kepesertaan 10 tahun.

Sementara, Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan adalah program perlindungan yang diselenggarakan untuk mempertahankan derajat kehidupan layak pada saat peserta kehilangan pekerjaan dan penghasilannya berkurang karena memasuki usia pensiun atau mengalami cacat total tetap.

 BACA JUGA:Alasan Jokowi Minta Menaker Revisi Aturan JHT

Adapun manfaat Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan, yakni berupa uang tunai yang dibayarkan setiap bulan sebagai:

- Pensiun hari tua, diterima peserta setelah pensiun sampai dengan meninggal dunia.

- Pensiun cacat, diterima peserta yang cacat total tetap akibat kecelakaan atau karena penyakit sampai dengan meninggal dunia.

- Pensiun janda/duda, diterima janda/duda ahli waris peserta sampai dengan meninggal dunia atau menikah lagi.

- Pensiun anak, diterima anak ahli waris peserta sampai mencapai usia 23 tahun, bekerja, atau menikah. Pensiun anak maksimal diberikan kepada 2 orang anak peserta yang telah terdaftar.

- Pensiun orang tua, akan diterima salah satu orang tua ahli waris peserta sampai dengan meninggal dunia, bagi peserta yang tidak memiliki suami/istri/anak.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini