Share

Terdampak Selama 2 Tahun, Kemendag Harap Industri MICE Bangkit

Azfar Muhamamd, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 320 2552285 terdampak-selama-2-tahun-kemendag-harap-industri-mice-bangkit-Tw5pzIANX0.jpeg Kemendag Bicara soal Industri MICE (Foto: MPI)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan kegiatan musyawarah nasional Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI) ke XI sebagai momentum kebangkitan ekonomi khsusunya di sektor industri Meeting Incentive Conference Exhibition (MICE).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi menyebut bahwa sektor industri mice dan even telah terdampak selama pandemi di dua tahun terakhir. Maka diharapkan tahun ini dapat kembali bangkit dengan adanya sejumlah momen pertumbuhan ekonomi.

“Jadi memang pandemi di 2021 ini sangat berat, tidak terlepas dampaknya untuk pelaku pariwisata dan industri mice event dan juga pameran bahkan selama dua tahun terkahir ini. Kita memang sama-sama berjuang di masa yang cukup sulit ini,” kata dia dalam Sambutan MUNAS ASPERAPI Ke XI di Jakarta, Kamis (24/2/2022).

Untuk terus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor perdagangan, Kemendag mendorong segala aktivitas yang dugelar oleh pelaku industri pameran karena dapat mempertemukan pelaku usaha dan ekonomi.

“Jadi Indstri pameran ini sangat penting bagi ekonomi dan sektor pariwisata untuk menghadirkan kesepaktan antara user dan buyer. Dan Asperapi tentunya telah memeberikan corak sendiri dalam pameran dan perekonomian indonesia,” tambahnya.

Berdasarkan data, pada tahun 2020 Indonesia telah menyelenggarakan 28 pameran dan tahun 2021 sebanyak 42 kegiatan pameran dan di tahun ini diharapkan dapat lebih bangkit lagi.

“Industry mice sangat terpuruk dalam dua tahun ke belakang dan pandemi telah memberikan pelajaran bagaimana teknologi dan informasi, berubah virtual, bertranspormasi dan menghadirkan banyak hal baru dam kami harapkan dan kami optimis tahun ini terus bangkit,” urainya.

“Meski begitu, kita Patut berbangga, pertumbuhan ekonomi melalui sektor perdagangan khususnya ekspor pada tahun 2021 mencapai titik yang betul betul kita banggakan karena kineja ekspor kita mencapai angka nilai USD231,5 Miliar,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini