Share

Sandiaga Uno Lihat Potensi Usaha Kuliner di Belitung

Michelle Natalia, Jurnalis · Minggu 27 Februari 2022 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 27 320 2553774 sandiaga-uno-lihat-potensi-usaha-kuliner-di-belitung-RQNrssKyHh.jpg Menpar Sandiaga Uno Dorong Wisata Kuliner di Belitung. (Foto: Okezone.com/Kemenpar)

BELITUNG – Kuliner dan ekonomi kreatif menjadi kebangkitan ekonomi Belitung. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegatakan ada sektor kuliner yang bisa berkembang di Belitung.

“Saya lihat sektor ini bisa terus berkembang dan berinovasi meski di masa pandemi”, katanya di Belitung, Minggu (27/2/2022).

Baca Juga: Bali Bebas Karantina, Menko Luhut: Negara Ini Harus Belajar

Oleh karena itu, pihaknya mengadakan Workshop Pengembangan Kabupaten/ Kota (KaTa) Kreatif Indonesia yang merupakan rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia tahun 2022.

Dia menuturkan, pada tahun 2016 Kabupaten Belitung telah mengikuti program Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I), melalui metode uji petik telah disepakati bersama dengan aktor ABCGM bahwa Subsektor Kuliner sebagai subsektor ekraf unggulan di Kabupaten Belitung, dengan produk kuliner khas yaitu Gangan dan Teri Krispi. Gangan adalah sup ikan tenggiri segar yang memiliki warna kuning dominan dan rasa yang sedikit asam dan gurih. Teri Krispi adalah ikan teri yang diolah menjadi menu makanan ringan yang dapat dibawa oleh turis menjadi oleh-oleh khas Belitung.

Baca Juga: Keren, Kawasan Kumuh Tepi Sungai Gajah Wong Disulap Jadi Wisata Air

“Dari sektor ini telah berkontribusi terhadap PDRB daerah sebesar Rp617.447.000.000,- per tahun. Tim Riset Universitas Sahid Jakarta menyebutkan wisatawan berbelanja kuliner khas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama 2017 mencapai Rp1,2 triliun,” tukasnya. Oleh karena itu, kuliner adalah salah satu yang akan dikembangkan guna meningkatan perekenomian di Kebupaten Belitung.

Tidak hanya itu, jumlah unit pangan skala usaha kecil di Bangka Belitung sebanyak 62,3 persen dan usaha menengah 29,2 persen. Dengan rekam jejak tersebut subsektor kuliner diharapkan dapat menjadi lokomotif penggerak bagi subsektor ekraf lainnya di Kabupaten Belitung.

“Saya harapkan Kabupaten Belitung bisa lebih maju dalam usaha kulinernya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini