Share

Kepincut Desa Wisata Keciput, Sandiaga Dorong Penciptaan Lapangan Kerja

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Minggu 27 Februari 2022 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 27 320 2553776 kepincut-desa-wisata-keciput-sandiaga-dorong-penciptaan-lapangan-kerja-lzymdccPbj.jpg Menpar Sandiaga Uno Dorong Penciptaan Lapangan Kerja Lewat Desa Wisata. (Foto: Okezone.com/Kemenpar)

BELITUNG – Menteri Pariwsata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Keciput di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Dirinya menegaskan jika desa wisata menjadi salah satu kebangkitan ekonomi baik di bidang wisata dan ekonomi kreatif.

Dirinya pun mendorong desa wisata menjadi kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat dan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Bali Bebas Karantina, Menko Luhut: Negara Ini Harus Belajar

"Jadi pariwisata ini tidak hanya untuk masyarakat menengah ke atas, tapi juga untuk menengah ke bawah. Pengembangan desa wisata ini adalah program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu serta adil dalam mendistribusikan sektor ini sebagai kebangkitan ekonomi kita," kata Menteri Sandiaga dalam keterangan resmi, Minggu (27/2/2022).

Sandiaga pun menyempatkan membeli ikan segar untuk pakan tukik di mana sejak pandemi ini kekurangan pakan karena sepinya pengunjung.

Semenjak pandemi mengalami penurunan wisatawan, sehingga penghasilan tidak ada dan mengalami kesulitan dalam merawat pertumbuhan penyu. Namun, desa wisata ini bisa bertahan dengan inovasi sehingga bisa bertahan. Untuk itu, Mas Menteri memberikan penyediaan pangan tukik berupa ikan yang dia beli langsung ke nelayan.

Baca Juga: Keren, Kawasan Kumuh Tepi Sungai Gajah Wong Disulap Jadi Wisata Air

“Kita berikan sumbangan pangan tukik yang kita blei dari nelayan. Sehingga para nelayan juga bisa menikmati begitu juga persediaan untuk makanan tukik,” katanya di Belitung, Minggu (27/2/2022).

Sandiaga menuturkan, Desa Wisata Keciput berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung adalah salah satu paket lengkat suatu desa wisata. Di desa tersebut sudah ada tempat kunjugan wisata dan juga home stay yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan bila berkunjung di desa tersebut.

“Ini adalah salah satu desa wisata yang cukup mumpuni, karena semuanya juga ada,” katanya.

Selain itu, pengembangan lainnya di desa wisata tersebut ada juga madu trigona desa kepincut. Di mana ini menjadi salah satu andalan usaha kuliner dari desa tersebut.

Namun, ada kendala dari pemasaran produksi madu tersebut. oleh karenanya, Sandi langsung membuat Instagram produk tersebut.

“Setelah ini kita harapkan madu Trigona bisa dikenal oleh public, dan bisa meningkatkan perkembangan ekonomi bangsa khususnya desa Kepincut,” ujarnya.

Sementara, Sandi juga tertarik dengan adanya home stay yang ada di desa Kepincut. Pasalnya, home stay yang ada juga sudah memenuhi kriteria sebagai home stay yang sangat nyaman, bahkan, saat mendapatkan penjelaasan dari Pak Ringgo selaku pemuliknya dikatakan kalau home staynya pernah mendapatkan pernghargaan sebagai juaara pengelola terbaik.

“ini yang bisa kita contoh, jadi homestay terbaik, dan sekarang juga tidak pernah kosong padahal lagi pandemic ada penghuninya,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini