Share

IMF Sebut Rusia Akan Resesi Ekonomi Akibat Perang dengan Ukraina

Athika Rahma, MNC Portal · Jum'at 11 Maret 2022 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 11 320 2560017 imf-sebut-rusia-akan-resesi-ekonomi-akibat-perang-dengan-ukraina-KC7ZQIYMyp.jpg Rusia terancam alami resesi ekonomi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - International Monetary Fund (IMF) menyebut ekonomi Rusia akan mengalami resesi. Pasalnya, sanksi terhadap Rusia terus diberikan oleh sejumlah negara imbas serangannya ke Ukraina.

Di sisi lain, IMF juga menyebut ekonomi global tertekan karena perang yang sudah berlangsung 2 minggu ini. Efek lanjutannya, negara-negara yang belum pulih akibat pandemi Covid-19 semakin lama untuk bangkit.

"Itu mungkin memicu ketakutan akan resesi (di Rusia)," ujarnya, dikutip dari Reuters, Jumat (11/3/2022).

Georgieva "memastikan" Rusia masuk ke dalam resesi, namun akibat yang sama belum diprediksi mengenai negara-negara di Eropa dan Asia yang lain.

Lanjutnya, IMF juga kemungkinan akan memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global akibat invasi ini.

"Kami berpikir akan menurunkan proyeksi pertumbuhan sebagai akibat dari krisis (Rusia-Ukraina), tetapi kami masih berharap dunia berada di wilayah pertumbuhan yang positif," jelas dia.

Diketahui, IMF memproyeksi ekonomi global tumbuh 4,4% tahun ini. Invasi Rusia ke Ukraina dinilai akan mengubah proyeksi pertumbuhan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini