Share

SoftBank Batal Investasi di IKN, Masayoshi Son Tak Lagi Jadi Dewan Pengarah! Luhut Cari Penggantinya

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Selasa 15 Maret 2022 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 470 2562075 softbank-batal-investasi-di-ikn-masayoshi-son-tak-lagi-jadi-dewan-pengarah-luhut-cari-penggantinya-XP6OjASsr5.jpg Menko Luhut cari pengganti SoftBank sebagai investor IKN (Foto: MPI)

JAKARTA β€” SoftBank batal investasi di proyek Ibu Kota Negara (IKN). Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan CEO SoftBank Masayoshi Son juga telah dinyatakan mundur dari Dewan Pengarah Pembangunan IKN.

Menko Luhut mengatakan, keputusan ini diambil setelah SoftBank mundur sebagai investor IKN. Kini Luhut tengah mencari pengganti SoftBank.

"Jadi gini, lagi kita cari penggantinya," ujar Luhut saat ditemui di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa (15/3/2022).

Kendati demikan, Luhut mengatakan, pemerintah belum memutuskan nama baru pengganti Masayoshi. Ada peluang anggota Dewan Pengarah IKN ditunjuk dari perwakilan investor.

Namun, ada kemungkinan juga tokoh yang mengisi posisi lowong tersebut dari di luar investor.

"Bisa juga (dari investor), bisa iya. Tapi bisa juga enggak," katanya.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

Pada 2020 lalu, Luhut mengklaim Softbank telah menyuntik dana segar untuk pembangunan IKN mencapai USD100 miliar. Atas investasi tersebut, pemerintah telah menunjuk Masayoshi Son sebagai Ketua Dewan Pengarah IKN bersama Perdana Menteri Inggris Tony Blair dan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohamed bin Zayed Al Nahyan atau MBZ.

β€œKalau Soft bank memang dari awal sudah mundur, sejak sahamnya drop. Kemudian dia punya vision fund, fund-nya tidak jadi ditaruh di Saudi, tidak jadi ditaruh di Abu Dhabi,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini