Share

Calon Pekerja Migran Difasilitasi Kartu Prakerja dan KUR

Felldy Utama, Jurnalis · Rabu 16 Maret 2022 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 320 2562347 calon-pekerja-migran-difasilitasi-kartu-prakerja-dan-kur-V3qGpBx0sP.jpg Pekerja Migran Indonesia Dapat Fasilitas Kartu Prakerja. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah akan membekali Kartu Prakerja dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk semua pekerja migran Indonesia (PMI). Rencana ini merupakan implementasi dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan, dalam beberapa kesempatan, Presiden selalu memberikan arahan untuk melindungi pekerja migran, yakni meliputi penghentian perdagangan orang, pelindungan menyeluruh mulai dari pra-keberangkatan, masa bekerja dan kembali ke Tanah Air, mengoptimalisasi peran TNI dan Polri, penerapan protokol kesehatan, dan deteksi dini terhadap berbagai kemungkinan kejahatan yang dialami PMI.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 24 Dibuka Besok! Simak Cara Daftar, Syarat hingga Tips agar Lolos

“Dari arahan bapak Presiden, beberapa hal perlu menjadi perhatian kita bersama dan harus kita perkuat sehingga upaya untuk memberikan perlindungan terhadap PMI bisa lebih maksimal,” kata Muhadjir, Rabu (16/3/2022).

Menurut dia, perlindungan PMI harus dilakukan secara holistik dan integratif. pendataan PMI mulai dari tingkat desa harus ditingkatkan, baik yang resmi ataupun PMIB. Sedangkan untuk menyelesaikan permasalahan PMI harus dimulai dari hulu, termasuk program yang ada di siklus pembangunan manusia dan kebudayaan.

Baca Juga: Lolos Kartu Prakerja Gelombang 23, Begini Cara Ikut Pelatihan demi Rp3,5 Juta

Untuk itu, kata dia, peran Pemerintah daerah baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota harus terus ditingkatkan. Begitu juga penguatan pengawasan yang dilakukan TNI/Polri terutama di daerah-daerah perbatasan yang rawan menjadi jalur keluar masuk bagi PMI-PMI ilegal.

“Fasilitasi Kartu Prakerja dan Kredit Usaha Rakyat juga akan diberikan kepada calon PMI, serta balai-balai pelatihan kerja di dekat kantong-kantong pengiriman PMI akan dimodifikasi sebagai tempat pembekalan bagi mereka,” ujarnya.

Pada rapat tersebut, hadir secara luring Wamenlu Mahendra Siregar, SesmenPPPA Pribudiarta Nur Sitepu, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, Plt. Sestama/Deputi Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI Irjen Pol Ahmad Kartiko, dan Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi.

Sementara Menko PMK didampingi oleh Sesmenko PMK dan Deputi 4 Kemenko PMK. Adapun yang hadir secara daring, Mensos Tri Rismaharini, Menkominfo Johhny G Plate, Menparekraf Sandiaga Uno, serta para pejabat tinggi pimpinan kementerian/lembaga terkait lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini