Share

Antisipasi Sengketa Tanah, Kantor BPN Bakal Dibangun di IKN Nusantara

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Selasa 22 Maret 2022 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 470 2565843 antisipasi-sengketa-tanah-kantor-bpn-bakal-dibangun-di-ikn-nusantara-ctG1MAB2vZ.png Kantor BPN bakal dibangun di IKN. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengatakan pihaknya akan membangun kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional) di kawasan IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Sofyan Djalil menjelaskan kehadiran kantor BPN di IKN tersebut untuk antisipasi masalah sengketa tanah.

"Sengketa kita belum lihat ke sana, tapi kalau ada kita akan selesaikan, nanti BPN akan punya kantor khusus disana untuk membantu otorita," kata Sofyan Djalil dalam konferensi persnya, Senin (21/3/2022).

 BACA JUGA:Berantas Mafia Tanah, BPN Siapkan Layanan Pertanahan Digital

Meski begitu, dia mengatakan saat ini pihaknya belum melihat sengketa tanah yang ada di kawasan IKN tersebut. Menurutnya, mayoritas tanah yang ada di sana adalah tanah milik negara.

Walaupun ada beberapa tanah yang di kelola oleh perusahaan dengan status HPL (Hak Pengelolaan Lahan).

Sehingga jika tanah tersebut dibutuhkan, kepala otorita bisa dengan gampang mengakuisisi.

"Itu kan tanah hutan, tanah negara, tapi diberikan kepada perusahaan untuk ditanami, begitu konsensi diambil negara maka tanah itu berubah langsung menjadi otoritas IKN," sambungnya

 BACA JUGA:Kartu BPJS Kesehatan Jadi Syarat Jual Beli Tanah Mulai 1 Maret 2022, Ini Penjelasan BPN

Dia memastikan, hingga saat ini terdapat 256 ribu hektare tanah milik masyarakat di sekitar kawasan IKN Nusantara namun statusnya HPL.

"Itu nanti kalau IKN membutuhkan tinggal tata ruang saja yang jadi panglima, kalau IKN membutuhkan mereka tinggal mengakuisisi, tapi tanah yang dimiliki negara langsung dan tidak bermasalah sangat luas," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini