Share

Indonesia-Jepang Perkuat Industri Sepakbola, Pratama Arhan Jadi Debutan

Michelle Natalia, Sindonews · Jum'at 25 Maret 2022 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 320 2567786 indonesia-jepang-perkuat-industri-sepakbola-pratama-arhan-jadi-debutan-MBoT0DoJ5z.png Pratama Arhan Gabung Tokyo Verdy. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA - Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi menyambut kedatangan pemain Indonesia, Pratama Arhan yang bergabung dengan Tokyo Verdy, klub sepakbola Jepang. Heri mengatakan bahwa Arhan saat ini sudah bebas dari karantina.

"Momentum bergabungnya Arhan ke dalam Tokyo Verdy merupakan langkah baru penguatan kerjasama sepak bola antara Indonesia dan Jepang," ujar Heri dalam konferensi pers virtual pada Jumat (25/3/2022).

Baca Juga: Pratama Arhan Resmi Berlatih dengan Tokyo Verdy, Langsung Main Akhir Pekan Ini?

Arhan menjadi pemain sepak bola Indonesia pertama yang direkrut klub sepak bola Jepang setelah masa sulit pandemi Covid-19. Tentunya, sambung Heri, ini membuka lembaran baru untuk kerja sama lebih lanjut dan luas lagi ke depan.

"Pada saat ini, Indonesia terus melakukan peningkatan pembenahan dan kualitas persepak bolaan di tanah air, yang kita harapkan akan muncul sebagai kekuatan sepak bola terkuat di ASEAN," ungkap Heri.

Baca Juga: Pemain Asing di Tokyo Verdy Cuma Jadi Pajangan, Sinyal Bahaya bagi Pratama Arhan

Lanjut dia mengatakan, selama dua tahun ke depan di Tokyo Verdy, akan menghasilkan kesempatan dan peluang baru untuk membuka kerja sama yang lebih baik dan lebih luas lagi antara sepak bola Indonesia dan Jepang.

"KBRI akan mendukung dan memfasilitasi kerja sama semacam ini, antara klub-klub Indonesia yang tertarik dengan klub-klub di Jepang. Tentunya kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas sepak bola Indonesia, mengingat saat ini para pemain muda dan berbakat di Indonesia tengah menjadi perhatian di luar negeri," jelas Heri.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

Dia berharap agar pertemuan sederhana ini bisa mendorong terjadinya networking dan menurunkan gagasan baru untuk kerja sama lebih jauh dengan sepakbola kedua negara. Perekrutan Arhan, sambung Heri, hanyalah suatu awal kerja sama yang lebih luas lagi untuk meningkatkan pengembangan kapasitas persepak bolaan Indonesia.

"Termasuk penerimaan magang baik dari pemain U-19 ataupun U-16 di Tokyo Verdy, serta dari klub-klub Indonesia yang ingin melakukan tur rematch atau pra-musim, juga untuk mengembangkan kerja sama dalam pendidikan atau sekolah sepak bola di Indonesia," tandas Heri.

Dia mengatakan bahwa dia sempat bertemu dengan manajemen Tokyo Verdy beberapa waktu lalu dan dirinya berusaha berkomunikasi dengan beberapa klub dan sekolah persepak bolaan Indonesia. Pada bulan Mei mendatang, setelah lebaran, KBRI akan mengatur kunjungan kerja atau business trip sejumlah klub sepak bola dan sekolah Indonesia ke Jepang.

"Sekali lagi, selamat datang Arhan sebagai anak bangsa Indonesia, dan semoga ini bisa meningkatkan kerja sama Indonesia-Jepang, dan dalam dua tahun ke depan, semoga bisa berprestasi maksimal," pungkas Heri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini