Share

Luhut Bikin Syarat ke Tesla jika Ingin Investasi di Indonesia

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 26 Maret 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 25 320 2567840 luhut-bikin-syarat-ke-tesla-jika-ingin-investasi-di-indonesia-ySQsayfsIB.png Syarat Tesla Investasi di Indonesia. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan syarat Tesla bisa investasi di Indonesia. Pasalnya, dua tahun lalu mobil listrik, Elon Musk ini membatalkan investasi di dalam negeri.

"Saya bilang, 'Hey Anda itu dua tahun yang lalu sudah telepon saya mau bikin lithium baterai'. Anda... semua mau mendikte, saya bilang, 'Hey you cannot do this. Today is different. Kita harus sama'. Saya bilang, 'Kamu nggak bisa begitu lagi. This country is not banana republic! This country is a great country!" cerita Luhut.

Luhut mengungkapkan bahwa Indonesia sudah memiliki kesepakatan bisnis dengan perusahaan baterai kendaraan listrik asal China dan Korea Selatan, yaitu CATL dan LG.

Luhut mengingatkan jika Tesla ingin masuk, maka perusahaan itu harus menuruti syarat yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Hal itu, lanjut Luhut, juga diterapkannya kepada investor lain, termasuk China.

Sejumlah syarat yang diminta pemerintah Indonesia kepada investor asing diantaranya transfer teknologi, teknologi yang ramah lingkungan, wajib mendidik tenaga kerja lokal, serta memberikan nilai tambah.

Baca Selengkapnya: Kesal Didikte Tesla, Luhut ke Elon Musk: Indonesia Bukan Republik Pisang!

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini