Share

Ingin Merintis Wirausaha? Intip 6 Rekomendasi Bisnis Rumahan & Tips Jitu Hindari Kerugian Ini

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 26 Maret 2022 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 26 622 2568321 ingin-merintis-wirausaha-intip-6-rekomendasi-bisnis-rumahan-tips-jitu-hindari-kerugian-ini-js1vmMc6nw.jpg 6 Rekomendasi Bisnis Rumahan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Saat ini, banyak peluang usaha kecil yang mendatangkan keuntungan besar. Artinya, dengan mengeluarkan modal yang relatif kecil tapi keuntungan yang bisa dihasilkan cukup menjanjikan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, simak berbagai rekomendasi usaha rumahan beserta tips untuk menghindari kerugian saat menjalankannya berikut ini.

 BACA JUGA:7 Tips Jualan Online untuk UMKM

Rekomendasi Usaha Kecil Rumahan

1. Minuman kopi kekinian

Jual kopi kekinian bisa menjadi usaha kecil dengan omzet yang menjanjikan. Kopi kekinian kerap dicari sebagai penyemangat bagi orang-orang yang bekerja dari rumah.

Untuk membuat kopi kekinian, Anda perlu membeli kopi hitam instan tanpa pemanis, susu, dan berbagai sirup untuk menambahkan rasa pada kopi. Dengan begitu, biaya produksi yang dikeluarkan bisa lebih rendah dibandingkan jika menggunakan kopi yang digiling secara langsung dari bijinya.

2. Kios pulsa dan pembayaran lainnya

Pemilik kios mendapatkan pendapatan melalui nominal pulsa dan transaksi pembayaran yang dilakukan melalui kios. Meskipun saat ini internet bisa diakses melalui sambungan Wi-Fi, nyatanya pulsa HP masih dibutuhkan untuk menjaga agar kartu seluler tetap aktif.

Agar tetap bisa menambah pendapatan, sertakan juga bahwa kios milikmu melayani pembayaran tagihan listrik, internet, PBB, dan pembayaran lainnya. Kios rumahan akan sering dipilih masyarakat karena tidak perlu pergi jauh ke kantor tempat pembayaran.

3. Usaha hampers dan seserahan

Semenjak pandemi, banyak orang yang menekuni usaha kecil pembuatan hampers sebagai tanda kasih karena adanya pembatasan untuk pergi ke sana ke mari akibat pandemi Covid-19. Ada banyak jenis hampers yang disukai, mulai dari bingkisan berupa alat makan hingga makanan lezat.

Jika ingin mengembangkan variasinya, Anda bisa mencoba untuk menjual jasa pembuatan seserahan lamaran atau pernikahan, lho. Jadi, kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari usaha ini bisa lebih besar, mengingat seserahan adalah elemen yang wajib diberikan pada acara sakral tersebut.

4. Jual minuman kekinian yang menyegarkan

Minuman menyegarkan seperti jus, thai tea, boba, dan jenis minuman lain juga masih dicari oleh masyarakat. Sayangnya, berbagai minuman tersebut kerap ditemui di mall dengan harga yang kurang terjangkau.

Artinya, dengan membuka lapak minuman kekinian sebagai usaha kecil di rumah, Anda bisa menarik tetangga di sekitar rumah untuk jadi pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa menjual minuman dengan harga yang lebih terjangkau karena tidak perlu menyewa tempat dengan biaya sewa yang tinggi.

5. Jadi dropshipper atau reseller

Dropship adalah sistem penjualan barang, di mana penjual hanya bertugas untuk meneruskan pesanan pembeli ke supplier. Sistem ini cocok untuk Anda yang memiliki modal terbatas.

Sedangkan sebagai seorang reseller, Anda bertugas untuk memiliki stok dari supplier untuk selanjutnya dijual kembali. Jadi, sistem ini cocok untuk Anda yang sudah punya cukup modal untuk melakukan pembelian dan memastikan keamanan stok barang dagangan.

Kedua sistem penjualan tersebut bisa mendatangkan keuntungan berlimpah dari rumah, lho!

 BACA JUGA:20 Ide Jualan di Bulan Ramadan 2022 yang Bikin Kantong Tebal, Lebaran Tersenyum

6. Catering masakan rumahan atau camilan

Catering masakan rumahan bisa jadi rekomendasi usaha kecil yang patut dicoba. Dengan menyediakan catering masakan rumahan, Anda bisa menjangkau penghuni kos yang tidak memiliki dapur, namun tetap ingin makanan yang hemat dan nikmat.

Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan usaha dengan menjual camilan untuk berbagai acara. Dengan begitu, Anda bisa meraup pendapatan dengan usaha catering di rumah.

Hindari Kerugian Saat Menjalankan Usaha Kecil

Saat baru pertama kali menjalankan usaha kecil, wajar jika Anda mengalami kerugian. Namun, berbagai kerugian tersebut bisa dihindari dengan berbagai cara berikut.

1. Disiplin mengelola administrasi

Meskipun mengelola usaha kecil, namun Anda harus disiplin mengelola administrasi termasuk melihat stok barang dan mencatat pembelanjaan bahan maupun aset usaha. Dengan pengelolaan administrasi yang baik, Anda bisa mengetahui jumlah keuntungan dan kerugian dalam suatu periode penjualan.

2. Menentukan promosi dengan tepat

Promosi yang tepat adalah salah satu pemicu tingginya omzet usaha yang berjalan. Untuk melakukan promosi, pemilik usaha harus menentukan bentuk promosi yang dijalankan beserta anggaran yang harus dikeluarkan.

Umumnya setelah melakukan promosi, akan ada lebih banyak masyarakat yang mengenal produk maupun jasa yang dijual hingga dapat menarik pelanggan tetap.

3. Membuat perhitungan modal

Meskipun modal yang digunakan tidak terlalu besar, Anda tetap harus melakukan perhitungan modal dengan baik. Dengan perhitungan modal, Anda bisa menentukan berbagai langkah yang bisa diambil untuk menghindari kerugian dalam berbisnis.

Jika membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha kecil di rumah, Anda bisa menggunakan fasilitas pinjaman dari Kredit Pintar melalui tautan berikut https://bit.ly/installKPxMB dan mencairkannya melalui MotionBanking untuk mendapatkan cashback sebesar Rp75.000. Info lebih lanjut kunjungi https://bit.ly/KreditPintarMB.

Selain harus mempersiapkan modal yang cukup dan strategi yang cerdas untuk membuka peluang usaha serta mempertahankan usahanya, seorang wirausaha juga perlu memiliki keterampilan dalam berbisnis.

Keterampilan ini bisa dikembangkan dengan memperdalam wawasan dari berbagai sumber, salah satunya adalah dengan mengikuti kelas webinar.

Kredit Pintar bersama dengan MotionBanking sedang mengadakan Kelas #PintarBersama, sebuah webinar yang ditujukan untuk merangkul komunitas, mengedukasi dan meningkatkan literasi keuangan.

Bagi Anda para pebisnis yang bersemangat untuk mendapatkan wawasan baru serta berinteraksi secara virtual dan mendapatkan relasi baru dalam mengembangkan bisnis, segera ikuti webinar menarik ini pada hari Sabtu, 26 Maret 2022 pukul 13.00 - 14.30. Segera daftarkan diri Anda melalui bit.ly/KelasPintarwebinar

Untuk informasi dan syarat ketentuan lebih lanjut, dapat mengunjungi www.motionbanking.id, menghubungi call center MNC Bank di 1500188, Whatsapp di 0888-888-8888, e-mail di cs@motionbanking.id dan Instagram di @motionbankingid.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini